Hagia Sophia

30 January 2023

Penunjukan Mbappe Sebagai Wakil Kapten PSG Tuai Polemik

Kylian Mbappe dan Marquinhos jadi wakil kapten PSG musim ini (Getty Images/Soccrates Images)

Penunjukkan Kylian Mbappe sebagai wakil kapten Paris Saint-Germain menimpulkan polemik. Pelatih Les Parisiens Christophe Galtier coba meluruskannya.

Saat PSG menghadapi Pays de Cassel di Babak 32 Besar Coupe de France, Selasa (24/1/2023) dini hari WIB, Mbappe jadi kapten tim menggantikan Marquinhos yang absen.

Mbappe menjawab kepercayaan Galtier lewat sumbangan lima gol yang membuat PSG menang 7-0. Usai pertandingan, media menanyakan keputusan Galtier memberi jabatan kapten kepada Mbappe.

Galtier menyebut Mbappe memang sudah jadi wakil kapten baru PSG sejak awal musim, sementara Marquinhos tetap menyandang posisi kapten utama.

Ucapan Galtier membuat polemik karena sejatinya sejak musim lalu, Kimpembe adalah wakil kapten PSG. Kimpembe adalah pemain asli Paris dan merupakan didikan akademi PSG.

Mbappe sendiri meski orang Paris, tapi dia didatangkan dari AS Monaco pada 2017. Marquinhos pun sempat mempertanyakan keputusna itu lewat sosial media seraya ikhlas kalau itu sudah jadi keputusan pelatih.

Tak mau berlarut-larut, Galtier langsung mengklafirikasi ucapannya itu. Dia memastikan Mbappe dan Kimpembe adalah wakil kapten PSG bersama Sergio Ramos serta Marco Verratti.

"Kesalahan komunikasi itu jadi tanggung jawab saya. Semua orang terkejut melihat Kylian jadi kapten di laga Coupe de France," ujar Galtier di ESPN.

"Kylian adalah salah satu wakil kapten di tim ini. Kami punya kapten dan empat wakil kapten di antaranya Kimpembe, Verratti, Kylian, dan Sergio Ramos."

"Saya rasa ada beberapa kriteria penting, tidak cuma itu kriteria itu tapi juga senioritas di klub. Ada kapten lain ketika Marquinhos absen karena beberapa alasan seperti rotasi, cedera, atau skorsing."

"Saat laga kontra Lens, tidak ada Kimpembe, tidak ada Marco. Marquinhos dicadangkan. Saya pun menunjuk Kylian. Apa yang saya bilang kepada kalian sudah saya utarakan kepada Presnel."






















Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Jadi Siapa Wakil Kapten PSG, Mbappe atau Kimpembe?"