Hagia Sophia

30 January 2023

Tips Nagita Slavina Agar Anak Tidak Jajan Sembarangan

Nagita Slavina. (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth)

Aktris sekaligus istri Raffi Ahmad Nagita Slavina membagikan pengalamannya dalam mengasuh anaknya. Sama seperti ibu lainnya, Nagita juga tantangan untuk memberikan gizi seimbang bagi kedua buah hatinya.

Dituturkan Nagita, si sulung Rafathar merupakan 'picky eater' atau suka memilih-milih makanan. Hal ini dikarenakan Rafathar sudah memiliki preferensi terhadap makanan favoritnya.

"Aku punya anak yang besar 7 tahun sama yang bayi. Kalo bayi masih bisa apa aja dimakan. Waktu bayi Rafathar juga dikasih apa aja mau. Tapi begitu dia bisa memilih disitulah tantangannya. Udah tau rasa, udah tau preferensi," ungkap Nagita ketika ditemui tim detikcom di Jakarta Pusat, Jumat (27/1/2023).

Lantaran usia Rafathar tergolong anak-anak, Nagita tidak melarang sepenuhnya jika anak makan makanan yang tidak sehat. Namun, Rafathar hanya diperbolehkan 'melanggar' peraturan seminggu sekali dan konsisten demi terjaganya gizi dalam yang mempengaruhi tumbuh kembangnya.

Di samping itu, Nagita menyarankan agar kaum ibu lebih memanfaatkan sosial media. Sebab, di sosial media banyak menu-menu masakan yang bisa diterapkan untuk anak.

"Jangan dipake buat ngeliat berita-berita aja. Tapi ngeliat menu-menu, cara bikin makanan gimana sih?" kata Nagita.

"Gimana caranya bikin makanan yang kayaknya tuh 'nggak enak' gitu ya, jadinya tuh enak, jadi menarik," lanjutnya.

Ia juga menyoroti kebiasaan anak jajan sembarangan. Tidak hanya anak, bahkan ayah dan ibu sendiri pun pasti memiliki kebiasaan jajan di luar.

"Ah coba deh gitu, coba buat di rumah, gak cuma buat hemat aja ya. Buat suami, buat aku pun, kadang-kadang kan kita siapa sih di sini yang gak demen jajan?" ujar Nagita.

"Tapi kalau misalnya mau masak gitu di rumah untuk ngebiasain diri, mau nggak mau kalau udah kenyang di rumah jadi nggak pengen jajan gitu," bebernya.

Selain lebih sehat, makanan di rumah juga jauh lebih irit. Sehingga, uang makan bisa digunakan untuk hal-hal lain yang jauh lebih penting.

"Kadang-kadang, kita dengan mengatur makanan kita, itu tuh jadinya iritnya lebih banyak," tutur Nagita.

"Duit-duit jajannya ini bisa kita kumpulin untuk hal-hal lebih penting," lanjutnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ibu-ibu! Nagita Slavina Bagi Tips biar Anak Biar Tak Jajan Sembarangan, Apa Tuh?"