Hagia Sophia

30 January 2023

Selain Wortel, Sayuran Ini Juga Bisa Kecilkan Perut Buncit

Ilustrasi. Wortel, salah satu sayuran untuk mengecilkan perut buncit. (Pixabay/jackmac34)

Salah satu makanan yang disarankan untuk diet sehat adalah sayuran. Simak beberapa jenis sayuran untuk mengecilkan perut secara alami berikut ini.

Bukankah semua sayuran memang baik untuk tubuh? Jawabannya iya, sayuran memang baik buat tubuh. Namun, jika kebutuhan Anda adalah mengecilkan perut buncit, ada beberapa jenis sayuran yang lebih direkomendasikan dan dinilai efektif.

Sayuran yang direkomendasikan adalah sayuran yang rendah kalori, tinggi serat, protein, dan nutrisi bermanfaat lain.

Sayuran untuk Mengecilkan Perut Buncit

Bagi Anda yang ingin mengecilkan perut buncit, ada beberapa sayuran yang bisa dicoba. Berikut daftarnya, mengutip berbagai sumber.

1. Bit
Sayuran satu ini mungkin agak asing di Indonesia. Namun, bit mampu mendukung program mengecilkan perut Anda, termasuk mengatur pencernaan.

Bit tinggi kandungan serat yakni sekitar 3,8 gram dalam setiap 128 gram sajian. Asupan serat baik untuk mencegah perut kembung, mengurangi nafsu makan berlebih, dan meningkatkan rasa kenyang. Serat juga mendukung kesehatan mikrobioma usus.

2. Bayam
Bayam kaya akan nutrisi penting dan cocok diolah jadi berbagai macam masakan. Hal ini membuat bayam jadi salah satu sayuran terbaik untuk mengecilkan perut buncit.

Ahli diet Courtney D. Angelo mengatakan sayuran hijau sangat baik untuk mengecilkan perut.

"Bayam kaya serat, yang menyerap lebih banyak nutrisi dan membantu pencernaan. Bayam juga tinggi vitamin K, yang terkadang dapat mendukung penurunan berat badan, termasuk lemak visceral (lemak perut)," kata Angelo seperti dilaporkan Eat This, Not That!.

3. Jamur

Ilustrasi. Jamur, salah satu sayuran untuk mengecilkan perut buncit. (iStockphoto/ahirao_photo)

Jamur sangat disukai kaum vegan dan non-vegan. Jamur kerap digunakan sebagai pengganti daging karena memiliki serat dan tekstur serupa.

Namun, lebih dari itu, konsumsi jamur mampu menurunkan berat badan dan membakar lemak dengan mengatur kadar gula dalam darah. Apa lagi? Ternyata jamur juga kaya akan protein sehingga metabolisme tubuh bisa lebih ditingkatkan.

4. Cabai
Suka pedas? Jika iya, ini kabar baik buat Anda. Cabai termasuk sayuran untuk mengecilkan perut secara alami.

Seperti dilaporkan NDTV, studi menunjukkan bahwa panas yang dihasilkan dari konsumsi cabai membantu membakar lebih banyak kalori. Panas ini juga mampu mengoksidasi lapisan lemak dalam tubuh.

Namun, Anda tak perlu mengonsumsi rasa pedas yang menyiksa. Yang terpenting dalam hal ini adalah kandungan capsaicin yang mampu membakar lemak dalam tubuh.

5. Brokoli
Salah satu sayuran padat nutrisi dan sangat direkomendasikan untuk mengecilkan perut adalah brokoli. Brokoli kaya akan antioksidan yang mampu menurunkan peradangan.

"Senyawa utamanya adalah sulforaphane, yang bekerja dengan menurunkan sitokin dan NF-kB dalam tubuh. Zat ini mendorong proses peradangan. Dengan mengurangi peradangan, tubuh lebih mampu melepaskan berat badan dan bekerja secara efisien di setiap area lain juga," jelas Trista Best, ahli diet.

Di samping itu, brokoli juga mengandung 'amunisi' untuk meluruhkan lemak perut seperti vitamin C, kalsium dan kromium.

6. Wortel
Wortel terkesan sepele, apalagi sayuran satu ini banyak ditemukan di banyak masakan. Namun, wortel akan mendukung program penurunan berat badan khususnya mengecilkan perut.

Kenapa wortel bisa jadi salah satu sayuran untuk mengecilkan perut secara alami? Best menyebut wortel mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

"Efek termogenik makanan (thermogenic effect of food atau TEF) adalah tingkat kalori makanan yang menyebabkan tubuh melakukan proses pembakaran saat dicerna. Karena wortel teksturnya keras, TEF-nya tinggi dan itu menyebabkan tubuh membakar lebih banyak kalori hanya dengan memakannya," jelas dia.
























Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul "6 Sayuran Terbaik untuk Kecilkan Perut Buncit, Jangan Sepelekan Wortel"