Hagia Sophia

09 January 2023

Liga Itali: Lazio Ditahan Empoli 2-2

Ciro Immobile (biru) gagal mencetak gol ke gawang Empoli. Foto: AP/Alfredo Falcone

Lazio gagal meraih kemenangan saat menjamu Empoli di pekan ke-17 Liga Italia musim ini. Sempat unggul dua gol, Ciro Immobile dkk harus puas bermain imbang 2-2.

Bermain di Olimpico, Roma, Minggu (8/1/2023), Lazio sudah unggul saat laga berjalan dua menit. Sepak pojok Luis Alberto berhasil disundul oleh Felipe Anderson dan membentur Francesco Caputo sebelum masuk ke gawang Empoli yang dijaga Guglielmo Vicario.

Lazio yang tampil dominan berupaya menambah keunggulan. Satu sepakan Ciro Immobile dari kotak penalti di menit ke-9 melambung di atas gawang, sedangkan sepakan jarak jauh Adam Marusic di menit ke-23 berhasil diamankan Vicario.

Sergej Milinkovic-Savic tak ketinggalan turut mengancam gawang tim tamu lewat situasi sepak pojok, namun sundulannya di menit ke-31 melenceng dari target. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Lazio menambah keunggulan di menit ke-54. Tembakan Anderson yang diblok oleh Fabiano Parisi justru mengarah kepada Mattia Zaccagni yang berada di depan gawang Empoli.

Dengan satu kontrol, penyerang 27 tahun itu kemudian melepaskan tendangan chip yang berhasil melewati Vicario. Lazio memimpin 2-0.

Milinkovic-Savic hampir saja membuat Lazio unggul 3-0, andai sepakan jarak jauhnya di menit ke-63 tak menerpa tiang gawang. Justru Empoli yang berhasil menipiskan jarak pada menit ke-83.

Lewat sebuah serangan balik dari pertahanan sendiri, bola diumpan lambung kepada Nicolo Cambiaghi yang bergerak dari sisi kanan. Ia lalu mengirim crossing kepada Caputo yang masuk ke kotak penalti.

Satu tembakan voli dari striker gaek 35 tahun itu berhasil membuat gawang Lazio yang dijaga Ivan Provedel bergetar. Gol itu menambah semangat tim tamu, yang akhirnya secara dramatis berhasil menyamakan kedudukan.

Pada menit ke-90+4, Razvan Marin yang menerima second ball di luar kotak penalti dari situasi sepak pojok melepaskan tembakan keras yang gagal diselamatkan Provedel. Skor berubah menjadi 2-2 dan bertahan hingga usai.

Hasil ini membuat Lazio menempati posisi kelima klasemen sementara dengan 31 poin. Sedangkan Empoli ada di peringkat 13 dengan 19 poin.




















Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Hasil Liga Italia: Sempat Unggul Dua Gol, Lazio Ditahan Empoli 2-2"