Hagia Sophia

09 January 2023

Kondisi Langka, Hewan Ini Hanya Miliki Mata Satu

Sering Disebut Dajjal, Hewan Mata Satu Sebenarnya Alami Kondisi Langka. Foto: Australscope

Beberapa hewan terlahir dengan kondisi langka hanya punya satu mata. Kelahiran dengan kondisi mata tunggal ini sering dikaitkan dengan legenda cyclop dalam mitologi Yunani dan dajjal dalam eskatologi Islam yang disebut akan muncul menjelang kiamat.

Dari kacamata sains, hewan dengan kondisi kelahiran seperti ini disebut cyclopia, yakni kelainan bawaan langka yang ditandai kegagalan di bagian depan otak untuk membagi orbit mata menjadi dua rongga. Ini terjadi dalam spektrum cacat otak dan wajah yang dikenal sebagai holoprosencephaly.

Sebagian besar kasus cyclopia terjadi pada mamalia seperti kambing dan kucing. Hewan yang lahir dengan kondisi langka ini angka harapan hidupnya sangat kecil. Dalam kasus yang parah, kondisi ini dapat menyebabkan keguguran, bahkan mati dalam hitungan jam setelah dilahirkan.

Berikut ini beberapa hewan mata satu atau cyclopia, dirangkum detikINET dari berbagai sumber:

Hiu mata satu di Maluku, Indonesia Timur. Foto: Sumber: Australscope

Hiu di Maluku

Pada Oktober 2020, sebuah temuan mengejutkan muncul di lepas pantai Maluku, Indonesia Timur. Nelayan menemukan seekor hiu bermata satu.

Hiu ini masih berupa janin belum lahir yang ditemukan di dalam induk hiu yang ditemukan mati setelah terperangkap jaring nelayan. Ketika perut induk hiu dibedah untuk mengeluarkan isi perutnya, para nelayan terkejut menemukan bayi hiu yang wujudnya tidak biasa di dalam perut tersebut.

Ia memiliki satu mata besar di tengah dahinya, dan warna tubuhnya seputih susu. Sementara itu, sirip khas hiu pada tubuhnya sudah terbentuk sempurna.

"Kami menemukan tiga bayi di dalam perut induk hiu, tapi salah satunya bentuknya aneh, matanya cuma satu. Warnanya juga aneh seperti susu," kata salah satu nelayan seperti dikutip dari The Sun.

Kambing hitam bermata satu. Foto: Rima Sharma/Barcroft Images

Kambing Hitam di India

Seekor bayi kambing di India terlahir dengan kondisi bermata tunggal dan tidak memiliki lubang hidung. Tidak hanya itu, wajah bayi kambing itu berbulu warna hitam, tidak memiliki bulu mata, dan tidak punya kelopak mata.

Hal lainnya yang membedakan antara kambing cyclopia itu dengan kambing pada umumnya, yaitu rahang bawah dan atas tidak simetris dengan rahang atas lebih pendek, serta lidah menonjol. Kambing cyclopia ini sempat menggegerkan warga setempat dan mulai disembah bahkan oleh warga pendatang baru.
Kucing ras Bengal bermata satu, tanpa hidung. Foto: Screenshot YouTube absoluteangels1

Kucing Bengal di Inggris

Seekor anak kucing ras Bengal lahir dengan kondisi mata tunggal tanpa hidung tapi memiliki mulut. Kucing tersebut dilahirkan di ruang operasi dokter hewan di Inggris pada 2012 setelah induknya mengalami kesulitan melahirkan.

Kucing ini mengejutkan semua orang di ruangan itu ketika mereka menyadari bahwa dia dilahirkan dengan kelainan bentuk. Tragisnya kucing malang itu akhirnya mati setelah bertahan hidup selama 3,5 jam.






















Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Sering Disebut Dajjal, Hewan Mata Satu Punya Kondisi Langka"