Hagia Sophia

09 January 2023

Liga Itali: Sampdoria Dikalahkan Napoli 0-2

Napoli menang 2-0 di kandang Sampdoria (Tano Pecoraro/LaPresse/Sipa USA /LaPresse)

Napoli meraih kemenangan pertamanya di 2023. Melawat ke markas Sampdoria, Il Partenopei menang 2-0.

Pada laga yang dihelat di Luigi Ferraris, Senin (9/1/2023) dini hari WIB, Napoli membuat gol-golnya di masing-masing babak, yakni Victor Osimhen dan penalti Eljif Elmas.

Tambahan tiga poin membuat Napoli kukuh di puncak klasemen Serie A dengan 44 poin, unggul tujuh angka dari Juventus di posisi kedua. Sampdoria di posisi ke-18 dengan sembilan poin.

Jalannya pertandingan

Napoli yang bermain agresif sejak menit awal mendapat penalti di menit kedua usai Andre-Frank Zambo Anguissa dilanggar Nicola Murru.

Laga sempat terhenti lama karena Anguissa sempat dirawat dan wasit harus melihat VAR dulu, sebelum mensahkan penalti.

Sayang, eksekusi Matteo Politano gagal karena Emil Audero mampu menepis bola yang mengarah ke kanan.

Sampdoria yang kalah penguasaan bola mampu merepotkan beberapa kali pertahanan Napoli. Valerio Verre pada menit ke-14 menembak kencang yang bisa ditepis Alex Meret dan berujung korner.

Victor Osimhen juga nyaris menciptakan gol di menit ke-17 lewat tandukan meneruskan umpan silang Giovanni Di Lorenzo. Audero dengan sigap menggagalkannya.

Osimhen! Penyerang Nigeria itu memecah kebuntuan pada menit ke-20 saat menyambut umpan silang Mario Rui dengan sepakan keras yang tak kuasa dihalau Audero.

Gol Victor Osimhen membawa Napoli memimpin 1-0 (REUTERS/JENNIFER LORENZINI)

Sampdoria yang berupaya mengejar ketertinggalan malah mendapat petaka di menit ke-38 saat kehilangan Thomas Rincon yang dikartumerah.

Rincon terpaksa menjatuhkan Osimhen yang berlari ke arah gawang usai melewati satu pemain Sampdoria dari sisi kanan. Wasit sempat melihat VAR untuk melihat pelanggaran sebelum mengusir Rincon.

Rincon mendapat kartu merah (REUTERS/JENNIFER LORENZINI)

Napoli melakukan serangan balik pada menit ke-45. Stanislav Lobotka mengiriman umpan ke sisi kanan yang ditempat Politano dan menuntaskannya dengan crossing ke kotak penalti.

Di tiang jauh ada Kvicha Kvaratskhelia yang coba menembak dengan kaki kirinya, tapi melebar.

Masuk di babak kedua, Napoli masih menguasai pertandingan dan tidak memberikan kesempatan Samporia mengembangkan permainan.

Napoli berupaya mendapatkan gol keduanya tapi selalu gagal. Hirving Lozano yang baru masuk sebagai pengganti juga gagal memaksimalkan kesempatan pada menit ke-70.

Umpan Tanguy Ndombele diteruskan Lozano dengan tembakan yang bisa diamankan Audero.

Napoli baru bisa menggandakan skor di menit ke-82 saat Ronaldo Vieira melakukan handball. Wasit mengecek VAR dulu sebleum Eljif Elmas sukses menyarangkan bola ke gawang.

Penalti Eljif Elmas memastikan kemenangan 2-0 Napoli (REUTERS/JENNIFER LORENZINI)

Napoli menutup pertandingan dengan skor 2-0.

Susunan pemain

Sampdoria: Audero; Murru, Murillo (Zanoli 45'), Nuytinck; Leris, Vieira (Paoletti 83'), Rincon, Augello; Verre (Villar 54'); Lammers (Montevago 83'), Gabbiadini (Djuricic 45')

Napoli: Meret; Di Lorenzo, Kim Min-jae (Rrahmani 45'), Juan Jesus, Mario Rui; Anguissa (Ndombele 66'), Lobotka, Elmas (Raspadori 87'); Politano (Lozano 63'), Osimhen, Kvaratskhelia (Zielinski 63')




















Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Sampdoria Vs Napoli: Il Partenopei Menang 2-0"