Hagia Sophia

09 January 2023

Hamdan ATT Alami Perdarahan Otak, Bisakah Dicegah?

Hamdan ATT mengalami perdarahan otak. (Foto: Instagram/ Hamdan ATT)

Hamdan ATT mengalami perdarahan otak. Pedangdut senior itu disebut menjalani operasi pemasangan selang lantaran penyumbatan di kepala dan cairan otak.

Meski kondisinya belakangan berangsur membaik, Hamdan ATT masih memerlukan banyak istirahat. "Alhamdulillah sudah lepas jahitan. Jadi kan pas dioperasi itu bikin selang di kepala dialirkan ke perut cairannya. Nah, jahitannya sudah oke jadi dua hari lagi dilihat lagi dan bisa mandi," kata Haikal, anak Hamdan ATT.

"Sekarang ayah hampir nggak ada kegiatan karena harus pemulihan dan makan aja harus disuapin sama Ais (anak Hamdan ATT) atau mama. Paling sering Ais sih yang suapin," sambungnya.

Gejala Perdarahan Otak

Perdarahan otak terjadi ketika ada trauma atau cedera yang mengiritasi jaringan otak, menyebabkan pembengkakan. Ini dikenal sebagai edema serebral. Darah yang terkumpul menjadi massa yang disebut hematoma.

Kondisi ini meningkatkan tekanan pada jaringan otak di dekatnya dan itu mengurangi aliran darah vital sehingga bisa membunuh sel-sel otak. Perdarahan dapat terjadi di dalam otak, antara otak dan selaput yang menutupinya, antara lapisan penutup otak, atau antara tengkorak dan penutup otak.

Pemicu Perdarahan Otak

Dikutip dari Web MD, ada beberapa faktor risiko dan penyebab perdarahan otak meiliputi:

Cedera kepala
Cedera adalah penyebab paling umum dari perdarahan di otak bagi mereka yang berusia di bawah 50 tahun.

Tekanan darah tinggi
Kondisi kronis ini dalam jangka waktu yang lama dapat melemahkan dinding pembuluh darah. Tekanan darah tinggi yang tidak diobati adalah penyebab utama perdarahan otak yang dapat dicegah.

Aneurisma
Ini adalah pelemahan pada dinding pembuluh darah yang membengkak. Itu bisa pecah dan berdarah ke otak, menyebabkan stroke.

Kelainan pembuluh darah
(Malformasi arteriovenosa) Kelemahan pada pembuluh darah di dalam dan sekitar otak dapat muncul asaat lahir dan didiagnosis hanya jika timbul gejala.

Angiopati amiloid
Ini adalah kelainan dinding pembuluh darah yang terkadang terjadi seiring dengan penuaan dan tekanan darah tinggi. Ini dapat menyebabkan banyak perdarahan kecil yang tidak diketahui sebelum menyebabkan yang besar.

Kelainan darah atau perdarahan
Hemofilia dan anemia sel sabit keduanya dapat berkontribusi pada penurunan kadar trombosit dan pembekuan darah. Pengencer darah juga merupakan faktor risiko.

Penyakit hati
Kondisi ini dikaitkan dengan peningkatan perdarahan secara umum.

Perdarahan Otak Bisa Dicegah?

Lantaran sebagian besar perdarahan otak terkait dengan faktor risiko tertentu, kamu dapat meminimalisir risiko dengan cara berikut:

Mengobati tekanan darah tinggi. Studi menunjukkan bahwa 80 persen pasien perdarahan otak memiliki riwayat tekanan darah tinggi. Satu-satunya hal terpenting yang dapat dilakukan adalah mengendalikannya melalui diet, olahraga, dan pengobatan.

Jangan merokok, jangan menggunakan narkoba. Kokain, misalnya, bisa meningkatkan risiko perdarahan di otak. Berkendaralah dengan hati-hati, dan kenakan sabuk pengaman. Jika kamu mengidap kelainan, seperti aneurisma, operasi dapat membantu mencegah perdarahan di kemudian hari.

Hati-hati dengan warfarin (Coumadin). Jika kamu mengonsumsi obat pengencer darah ini, tindak lanjuti secara teratur dengan dokter untuk memastikan kadar darah berada dalam kisaran yang benar.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dialami Hamdan ATT, Bisakah Perdarahan Otak Dicegah?"