Hagia Sophia

12 January 2023

Piala Super Spanyol: Lewat Adu Penalti, Real Madrid Kalahkan Valencia 4-3

Foto: AP/Hussein Malla

Real Madrid berhasil ke final Piala Super Spanyol. Los Blancos melaju setelah mengalahkan Valencia sampai babak adu penalti.

Real Madrid vs Valencia berlangsung di King Fahd Stadium, Kamis (12/1/2023) dini hari WIB. Los Blancos mendapatkan peluang emas di menit ke-10 melalui Rodrygo Goes, namun bola yang dilepaskan melebar dari target.

Pasukan Carlo Ancelotti tersebut terus berusaha menggempur pertahanan Valencia. Pada menit ke-15, peluang kembali didapat Madrid lewat Federico Valverde, namun lagi-lagi tak mengarah ke gawang.

Madrid kemudian memperoleh penalti pada menit ke-36 setelah Karim Benzema dijatuhkan di area terlarang. Benzema yang menjadi eksekutor pun sukses melaksanakan tugasnya.

Tak ada gol tambahan sampai turun minum. Real Madrid memimpin 1-0 sepanjang babak pertama.

Valencia langsung mengejutkan Real Madrid di menit pertama babak kedua. Sebuah serangan dari Los Che berhasil dikonversi menjadi gol oleh Samuel Lino dan skor berubah menjadi 1-1.

Pertandingan berjalan menarik selepas skor menjadi imbang. Valencia dan Real Madrid saling melakukan serangan, tapi sampai menit ke-60 skor tak berubah.

Real Madrid baru bisa melepaskan percobaan di menit ke-87. Bola dari sundulan Karim Benzema masih melambung dari target. Skor 1-1 pun bertahan sampai waktu normal usai dan laga berlanjut ke extra time 2x15 menit.

Pertarungan berjalan sengit di babak pertama perpanjangan waktu. Namun, selama 15 menit kedua tim gagal menciptakan peluang.

Valencia justru mendapatkan peluang emas di menit ke-110 atau pada babak kedua extra time. Dimitri Foulquire lepas dari posisi offside dan mampu melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti, tapi bola masih ditepis kiper.

Tak ada gol tercipta sepanjang extra time 2x15 menit. Duel di laga ini pun harus lanjut ke adu penalti untuk mencari pemenang.

Madrid akhirnya bisa melaju ke final. Los Blancos memenangi duel adu penalti dengan skor 4-3.

Valencia turun sampai lima penendang. Edinson Cavani, Ilaix Moriba, dan Hugo Guillamon dapat melaksanakan tugasnya. Eray Comert dan Jose Gaya gagal gagal memasukkan bola.

Madrid cuma sampai penendang keempat. Seluruh eksekutor sukses menjalankan tugas, yakni Karim Benzema, Luka Modric, Toni Kroos, dan Marco Asensio.

Susunan Pemain

Real Madrid: Courtois: Vazquez, Militao, Rudiger, Nacho; Valverde, Kroos, Camavinga; Rodrygo, Benzema, Vinicius

Valencia: Mamardashvili; Correia, Comert, Cenk, Gaya; Musah, Almedia, Lato; Lino, Cavani, Kluivert






















Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Real Madrid Vs Valencia: Menang Adu Penalti, Los Blancos ke Final"