Hagia Sophia

12 January 2023

Jill Biden Lakukan Operasi Kanker Kulit, Bagaimana Keadaannya Sekarang?

Jill Biden kena kanker kulit. (Foto: AP/Toby Melville)

Ibu negara Amerika Serikat Jill Biden menjalani sejumlah pengangkatan operasi kanker kulit. Ditemukan lesi pada bagian kelopak mata kiri, kanan, dan dada.

"Prosedur memastikan bahwa lesi kecil itu adalah karsinoma sel basal," tulis O'Connor, dokter presiden Joe Biden dalam pernyataan Gedung Putih, dikutip dari CNN.

"Semua jaringan kanker berhasil diangkat, dan tepiannya bersih dari sisa sel kanker kulit."

Pasca Operasi

Sayangnya, ibu negara AS itu sempat mengalami sejumlah efek samping pasca operasi. "Ada beberapa pembengkakan dan memar di wajah sebagai akibat dari operasi, tetapi dia dalam semangat yang baik dan merasa sehat," lanjut pernyataan itu.

Jill Biden diketahui mengidap kanker yang relatif lebih mudah sembuh lantaran tidak menyebar. Karsinoma sel basal seperti diketahui tidak lebih berbahaya seperti beberapa kanker kulit serius lain misalnya melanoma atau karsinoma sel skuamosa.

Awal Mula Terdeteksi

Dikutip dari CBSNews, lesi kanker itu ditemukan saat Jill Biden menjalani skrining rutin dan dokter merekomendasikannya untuk segera diangkat melalui prosedur yang disebut operasi Mohs.

"Operasi Mohs dianggap sebagai teknik paling efektif untuk mengobati banyak karsinoma sel basal (BCC) dan karsinoma sel skuamosa (SCC), dua jenis kanker kulit yang paling umum," menurut Skin Cancer Foundation.

"Kadang-kadang disebut operasi mikrografi Mohs, prosedurnya dilakukan secara bertahap, termasuk pekerjaan laboratorium, sementara pasien menunggu. Ini memungkinkan pengangkatan semua sel kanker untuk tingkat kesembuhan tertinggi sambil menyelamatkan jaringan sehat dan meninggalkan bekas luka sekecil mungkin."























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kondisi Jill Biden usai Operasi Kanker Kulit, Wajah Sempat Bengkak dan Memar"