Hagia Sophia

08 March 2023

Bayi Kembar Paling Prematur di Dunia, Lahir di Usia 22 Minggu

Bayi paling prematur di dunia. (Foto: Guinness World Records)

Sepasang bayi laki-laki dan perempuan di Kanada dinobatkan oleh Guinness World Record sebagai bayi kembar paling prematur di dunia. Bayi kembar ini lahir saat usia mereka masih 22 minggu.

Adiah dan Adrial Nadarajah lahir pada usia 126 hari, melampaui rekor sebelumnya 125 hari lebih awal yang ditetapkan pada tahun 2018 yakni anak kembar di negara bagian Iowa, AS. Jika anak-anak telah lahir bahkan satu jam lebih awal dari 22 minggu, usaha penyelamatan nyawa akan ditolak rumah sakit.

Ibu mereka, Shakina Rajendram mengatakan bahwa ketika dia melahirkan hanya pada usia 21 minggu dan lima hari, dokter mengatakan kepadanya bahwa bayinya tidak dapat hidup"dan memiliki 0 persen peluang untuk bertahan.

Itu adalah kehamilan keduanya, setelah dia kehilangan yang pertama hanya beberapa bulan sebelumnya di rumah sakit yang sama di dekat rumah mereka di Ontario.

Sebagian besar rumah sakit tidak berusaha menyelamatkan anak yang lahir sebelum 24 hingga 26 minggu. Tapi untungnya, pasangan itu bisa pindah ke Rumah Sakit Mount Sinai di Toronto, yang memiliki unit perawatan intensif neonatal khusus.

"Ketika saya akan melahirkan, saya ditolak semua rumah sakit tempat saya dirawat dan hampir dibiarkan mati," ungkap Shakina dikutip dari laman World Guiness Record, Selasa (7/3/2023).

Pada hari kedua pasca Rajendram di rumah sakit, 21 minggu dan enam hari setelah kehamilan, dia diberitahu bahwa jika anak-anak lahir bahkan beberapa menit sebelum 22 minggu, mereka bisa jadi tak selamat.

Meskipun mengalami pendarahan hebat, dia berkata akan mencoba yang terbaik untuk "menahan bayi" selama beberapa jam lagi. Airnya ketubannya akhirnya pecah 15 menit setelah tengah malam.

Kurang dari dua jam setelah memasuki 22 minggu dalam kandungan, anak-anak pun lahir.

Adiah dan Adrial kini telah hidup sampai usia satu tahun, meskipun memiliki masalah medis yang serius sejak dini.

"Kami menyaksikan bayi-bayi itu hampir mati di depan mata kami berkali-kali," kata Rajendram.

Bayi paling prematur yang pernah lahir adalah Curtis Means of Alabama, yang lahir pada usia 21 minggu satu hari.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bayi Kembar Ini Dinobatkan Paling Prematur di Dunia, Lahir di Usia 22 Minggu"