Hagia Sophia

08 March 2023

Waspadai Penggunaan Ibuprofen, Bisa Sebabkan Penyakit Ginjal Kronis

Penggunaan ibuprofen jangka panjang dapat sebabkan penyakit ginjal kronis. Foto: iStock

Penggunaan ibuprofen sebagai obat anti nyeri kerap dijadikan pilihan utama masyarakat. Namun, penggunaan jangka panjang rupanya dapat menyebabkan masalah kesehatan lain. Salah satunya adalah dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis.

"Dan saya amati yang akhir-akhir ini banyak terjadi, sebagai penyebab ginjal kronis adalah penggunaan analgesik jangka lama," ucap humas Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) dr Wachid Putranto, SpPD-KGH, FINASIM dalam acara Peringatan Hari Ginjal Sedunia 2023 yang dilaksanakan Kemenkes, Selasa (7/3/2023).

dr Wachid juga menyoroti masyarakat yang suka membeli obat anti nyeri bebas ketika mengalami nyeri ataupun pegal linu.

"Jadi ada tren kalau di Solo ini mungkin juga di tempat-tempat yang lain masyarakat kita kalau ada keluhan pegal linu, pasien akan segera meminum obat-obatan bebas anti nyeri," sambungnya.

Tidak hanya ibuprofen, penggunaan obat allopurinol untuk asam urat juga bisa berdampak pada kesehatan ginjal bila tidak dikonsumsi dengan benar.

"Dan seringkali begitu periksa kadar asam uratnya tinggi juga membeli obat asam urat sendiri yang namanya allopurinol diminum sehari tiga kali," jelas dr Wachid.

"Sedangkan obat anti nyeri dan allopurinol ini adalah obat-obat yang sangat merusak ginjal sehingga beberapa pasien yang saya temui mulai ada kerusakan ginjal akibat dari obat-obat anti nyeri dan obat-obat asam urat, lanjutnya.

Adapun selain penggunaan obat-obatan yang tidak tepat, penyakit ginjal kronis juga bisa disebabkan oleh penyakit lain.

"Di Indonesia penyebab penyakit ginjal kronis yang paling tinggi adalah diabetes melitus atau penyakit kencing manis. Yang kedua adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi," jelasnya.

Peradangan pada ginjal dan kista juga bisa menjadi faktor-faktor yang menyebabkan penyakit ginjal kronis.

"Beberapa penyebab lain yang bisa menjadi penyebab penyakit ginjal kronis glomerulonefritis ini adalah suatu peradangan pada ginjal, kemudian polikistik pada ginjal atau kista pada ginjal," ucapnya.

"Jadi kista itu tidak hanya ada pada wanita, seringkali masyarakat kita tahunya itu hanya kista kandungan. Tapi padahal sebetulnya ada juga kista di ginjal yang kalau kista itu bergerombol dinamakan polikistik bisa menyebabkan penyakit ginjal kronis," pungkasnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jangan Asal Minum Obat Ibuprofen, Bisa Kena Ginjal Kronis"