Hagia Sophia

08 March 2023

Ini Makanan dan Minuman yang Bisa Picu Ginjal Kronis

Kata dokter soal makanan dan minuman yang bisa picu penyakit ginjal kronis. (Foto: Ilustrasi/thinkstock)

Penyakit ginjal kronis bisa disebabkan berbagai hal, salah satunya minuman atau makanan yang dikonsumsi. Dokter konsultan ginjal hipertensi dr Wachid Putranto, Sp.PD-KGH, FINASIM dari Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) mengungkapkan salah satu minuman yang bisa memicu penyakit ginjal kronis adalah minuman berenergi.

Namun, perlu diketahui kondisi ini bisa terjadi jika dikonsumsi secara terus-menerus. Jika hanya sekali konsumsi, tidak disarankan dalam porsi yang besar.

"Yang perlu sangat hati-hati adalah minuman-minuman yang berenergi, karena ada komponen-komponen tertentu yang bisa mengganggu ginjal, apabila dikonsumsi secara terus-menerus. Di sini ada catatan apabila dikonsumsi secara terus-menerus," jelas dr Wachid dalam konferensi pers Hari Ginjal Sedunia, Selasa (7/3/2023).

"Mungkin kalau sekali pada saat dia memang sangat membutuhkan itu tidak akan menimbulkan efek buruk. Tapi, kalau terus setiap kali bekerja itu menggunakan minuman berenergi tersebut akan bisa menimbulkan gangguan fungsi ginjal," lanjutnya.

Selain minuman berenergi, dr Wachid juga mewanti-wanti dalam mengkonsumsi vitamin, terutama vitamin C. Ia mengatakan jika rutin mengkonsumsi vitamin C tanpa diimbangi dengan minum air yang cukup bisa menimbulkan komplikasi pada ginjal.

Menurutnya, pola makan yang sehat dan seimbang sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian untuk tubuh. Maka dari itu, tidak terlalu memerlukan vitamin tambahan.

"Vitamin ini juga hati-hati konsumsinya, karena vitamin C kalau kita konsumsi dalam jangka waktu tertentu tapi kurang minum, bisa menimbulkan komplikasi berupa batu di saluran kencing dan pasti juga menimbulkan masalah ke depannya," beber dr Wachid.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ternyata Ini Makanan-Minuman yang Tak Disadari Picu Ginjal Kronis"