Hagia Sophia

08 March 2023

Liga Champions: Maju ke Perempatfinal, Chelsea Kalahkan Borussia Dortmund 2-0

Foto: AP/Alastair Grant

Chelsea berhasil mengalahkan Borussia Dortmund 2-0 dalam leg kedua 16 besar Liga Champions. The Blues melaju ke perempatfinal dengan agregat 2-1.

Chelsea vs Dortmund berlangsung di Stamford Bridge. Rabu (8/3/2023) dini hari WIB. Si Biru butuh kemenangan untuk membalas kekalahan 0-1 di leg pertama.

Alhasil, Chelsea mampu menuntaskan laga dengan kemenangan 2-0 lewat gol Raheem Sterling dan Kai Havertz. Chelsea pun berhak melaju ke perempatfinal dengan agregat 2-1.

Jalannya Pertandingan

Chelsea sudah langsung mengancam saat laga belum genap berjalan dua menit. Raheem Sterling berhadapan satu lawan satu dengan kiper Dortmund, namun keputusan lambat dari mantan pemain Manchester City itu dalam melepas tembakan bikin peluang terbuang.

Serangan bertubi-tubi dilancarkan Chelsea dalam waktu lima menit. Ada salah satu penetrasi Joao Felix yang merepotkan pertahanan tim tamu.

Dortmund perlahan mampu menekan Chelsea. Bahkan, ada bola eksekusi tembakan bebas Marco Reus yang nyaris merobek gawang Chelsea jika gagal ditepis oleh Kepa Arrizabalaga.

Chelsea nyaris mencetak gol di menit ke-28. Kai Havertz menyambar bola liar di kotak penalti, tapi arahnya masih membentur tiang.

Chelsea sempat mencetak gol di menit ke-38 lewat Havertz. Gol tersebut dianulir karena Sterling dalam posisi offside saat melepaskan tembakan, yang kemudian ditepis kiper dan disambar Havertz.

Sebuah kemelut terjadi di mulut gawang Dortmund dalam skema sepak pojok pada menit ke-40. Kalidou Koulibaly sukses menyontek bola, yang kemudian dihalau dengan kaki Alexander Meyer. Felix kemudian menyambar bola liar, namun belum menghasilkan gol.

Gawang Dortmund akhirnya bobol juga di menit ke-43. Sterling gagal melepaskan tembakan di sentuhan pertama, namun bola tetap dalam kontrol dan selanjutnya melepaskan tembakan keras. 1-0 Chelsea memimpin sampai turun minum.

Chelsea mendapatkan durian runtuh tak lama setelah babak kedua dimulai. Sebuah umpan silang Ben Chilwell mengenai tangan Marius Wolf.

Wasit kemudian memberikan hadiah penalti ke Chelsea. Havertz gagal mencetak gol setelah bola tembakannya mengenai tiang, namun eksekusi itu diulang karena ada pemain yang sudah masuk ke kotak penalti sebelum bola ditendang.

Harvetz kembali menjalankan tugasnya dalam kesempatan kedua itu. Chelsea pun berhasil memimpin 2-0 di menit ke-53.

Sebastien Haller nyaris merobek gawang Chelsea di menit ke-58. Dalam situasi yang sudah bagus, dia gagal mengarahkan bola ke dalam gawang.

Kepa bikin penyelamatan sip di menit ke-64. Dia menepis bola tembakan keras dari Marius Wolf.

Chelsea sempat mencetak gol ketiga di menit ke-75 melalui Conor Gallagher. Gol tersebut dianulir karena Sterling dalam posisi offside sebelum melepaskan umpan ke Gallagher.

Dortmund berusaha keras mencari satu gol di sisa laga untuk menyamai agregat. Namun, tak ada gol yang datang sampai laga tuntas.

Susunan Pemain

Chelsea: Kepa; James, Koulibaly, Fofana, Chilwell; Kovacic (Loftus-Cheek 83'), Enzo Fernandez; Sterling (Pulisic 83'), Joao Felix (Gallagher 68'), Cucurella; Havertz.

Dortmund: Meyer; Wolf, Suele, Schlotterbeck, Guerreiro; Can, Oezcan (Gittens 64'); Brandt (Reyna 5'), Bellingham, Reus; Haller (Malen 77').























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Chelsea Vs Dortmund: Menang 2-0, The Blues ke Perempatfinal"