Hagia Sophia

09 March 2023

Cerita Anak Jevier Justin Dianiaya Baby Sitter Saat Ditinggal ke AS

Anak Jevier Justin mengidap cerebral atrophy. (Foto: Instagram/jevierjustin)

Baru-baru ini, anak presenter Jevier Justin dianiaya oleh baby sitter. Itu terjadi saat dirinya dan istrinya pergi ke Amerika Serikat untuk mengambil walker dan kursi roda untuk anaknya, Shannuel Favory Justin. Anak Jevier Justin sakit apa?

Saat itu, anak-anak mereka ditinggal di rumah bersama babysitter. Sayangnya, babysitter tersebut menganiaya Shan. Aksi ini diketahui Jevier setelah melihat rekaman CCTV.

Shan dimandikan dengan air dingin hingga bibirnya membiru dan menggigil. Tak hanya itu, Shan juga dipaksa untuk makan lewat hidung.

"Setelah mandi instead angkat anaknya dulu ganti baju, bak mandi bekas mandinya digulingin dengan anak nya sekalian jadi Shan ikut jatuh keguling di lantai kamar mandi," ungkap Jevier dalam salah satu postingan Instagramnya @jevierjustin, Selasa (7/3/2023).

"Kemudian ditiup hidung dan mukanya abis itu hidungnya dipencet ditutup, terus disuruh 'telan-telan ayo telan'," sambungnya.

Anak Jevier Justin sakit apa?

Dalam penjelasannya, Jevier mengungkap bahwa Shan mengidap cerebral atrophy sejak lahir. Kondisi itu membuat tumbuh kembangnya terhambat dan mengalami kelumpuhan.

Cerebral Atrophy atau brain atrophy adalah kondisi yang menggambarkan hilangnya sel-sel otak dari waktu ke waktu. Hal ini menyebabkan area tertentu di otak, atau seluruh otak menyusut.

Cerebral Atrophy bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, seperti infeksi dan cedera. Gejalanya termasuk demensia, kejang, kehilangan kontrol motorik, dan kesulitan berbicara, membaca, serta pemahaman.

Jika kondisi ini disebabkan penyebab lain, gejalanya akan berkembang dalam waktu yang lebih singkat dan lebih terlihat. Dikutip dari Health National Library of Medicine, kondisi cerebral atrophy paling sering ditemukan pada orang lanjut usia (lansia) dan bisa dialami oleh anak-anak.

Selain itu, Shan akan menjalani pemasangan tabung di perut agar asupan nutrisi bisa masuk ke tubuhnya dengan baik.

"Ini keputusan yang sulit untuk kami. Karena sebagai Bapak, aku nggak mau Shan ada tindakan surgery apapun. Tapi kalau Shan nggak pasang PEG, nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Shan kurang," tulis Jevier.

Putrinya itu akan menjalani prosedur pemasangan tabung gastronomi endoskopi perkutan (PEG). Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan asupan nutrisi dan vitamin tanpa tersedak atau muntah.

Penyebab Cerebral Atrophy

Pada anak-anak, kondisi ini berkaitan dengan malnutrisi atau kekurangan kelebihan, bahkan ketidakseimbangan dalam asupan energi maupun nutrisi. Selain itu, cerebral atrophy bisa disebabkan oleh cedera kepala hingga infeksi saraf pusat.

Selain itu, dikutip dari Cleveland Clinic adapun beberapa faktor yang bisa memicu kondisi tersebut, seperti penyakit neurodegeneratif, penyakit menular, dan cedera parah, termasuk:
  • Cerebral palsy (kelumpuhan otak)
  • Ensefalitis (radang otak)
  • HIV-AIDS
  • Huntington's disease
  • Leukodistrofi
  • Sklerosis ganda
  • Stroke
  • Sifilis
  • Cedera otak traumatis
  • Alzheimer
Gejala Cerebral Atrophy

Namun, pada sebagian besar penyebab cerebral atrophy saat ini tidak dapat diubah. Dikutip dari Child Neurology Foundation, gejala cerebral atrophy pada anak meliputi:

Demensia, yang ditandai dengan gangguan memori dan fungsi intelektual yang progresif yang cukup parah, serta mengganggu keterampilan sosial

Kejang, kondisi lonjakan aktivitas listrik abnormal di otak yang menyebabkan gerakan berulang, kejang, hingga hilang kesadaran

Afasia atau mengalami kesulitan bicara

Jadi, anak Jevier Justin sakit apa? Kondisi cerebral atrophy itu sudah diidap Shan sejak lahir, yang membuat tumbuh kembangnya terhambat untuk anak seusianya.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Putrinya Dianiaya Baby Sitter, Anak Jevier Justin Sakit Apa?"