Hagia Sophia

22 June 2023

Jokowi: 99 Persen Warga Sudah Punya Antibodi

Foto: Agung Pambudhy

Presiden RI Joko Widodo mengumumkan status pandemi COVID-19 di Indonesia telah dicabut. Artinya, Indonesia sudah memasuki fase endemi COVID-19. Namun keputusan itu tak sepenuhnya lepas dari catatan untuk masyarakat agar tetap menjalani perilaku hidup sehat dan bersih.

"Pemerintah memutuskan untuk mencabut status pandemi dan kita mulai memasuki masa endemi. Keputusan ini diambil pemerintah dengan mempertimbangkan angka konfirmasi harian kasus COVID-19 mendekati nihil," ungkap Jokowi dalam siaran langsung YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (21/6/2023).

"Hasil sero survei menunjukkan 99 persen masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi COVID-19," ujarnya lebih lanjut.

Namun menyusul itu, Jokowi mengingatkan masyarakat untuk tetap menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat.

"WHO juga sudah mencabut status public health emergency of international concern. Walaupun demikian saya meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati serta terus menjalani perilaku hidup sehat dan bersih," ungkap Jokowi lebih lanjut.

"Tentunya dengan keputusan ini pemerintah berharap perekonomian nasional akan bergerak semakin baik dan meningkatkan kualitas kehidupan sosial ekonomi masyarakat," pungkasnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Status Darurat COVID-19 Dicabut Jokowi, 99 Persen Warga Sudah Punya Antibodi"