Hagia Sophia

22 June 2023

Jokowi: Indonesia Resmi Masuk Fase Endemi COVID-19

Presiden Joko Widodo (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo resmi mencabut status kedaruratan pandemi COVID-19 di Indonesia. Kini, Indonesia mulai memasuki fase endemi.

"Keputusan ini diambil pemerintah dengan mempertimbangkan angka konfirmasi harian mendekati nihil," ucapnya dalam konferensi pers Rabu (21/6/2023).

Ia juga menyebut, hasil sero survei menunjukkan 99 persen warga indonesia sudah memiliki kekebalan COVID-19. Begitu juga Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mencabut status darurat global COVID-19 sejak 5 Mei lalu.

Apa Artinya Endemi?

Pada dasarnya, pengertian pandemi, epidemi, dan endemi mengacu pada seberapa luas suatu penyakit tersebar, bukan mengacu kepada tingkat keparahan penyakit atau wabah tersebut. Secara umum, pandemi adalah situasi suatu penyakit telah menyebar ke berbagai negara dan benua, seringkali dengan kecepatan yang sangat cepat.

Berdasarkan penjelasan WHO, ada enam tahap pertumbuhan suatu penyakit yang disebut sebagai pandemi:
  • Virus beredar di antara hewan yang tidak diketahui menyebarkan penyakit ke manusia.
  • Virus ditemukan pada hewan yang diketahui telah menularkan penyakit ke manusia.
  • Kontak hewan-ke-manusia menyebabkan manusia mengembangkan penyakit.
  • Kontak manusia-ke-manusia memperjelas wabah komunitas bisa terjadi.
  • Penyebaran dari manusia ke manusia terjadi setidaknya di dua negara di wilayah yang sama.
  • Wabah tingkat komunitas terjadi di negara ketiga di wilayah lain.
Epidemi dipahami sebagai kondisi suatu penyakit telah menyebar ke wilayah tertentu yang cukup luas, namun tidak melintasi benua atau benua yang jauh. Misalnya, wabah Ebola 2014-16 di Asia Barat atau wabah apa pun yang mungkin menyebar melalui Asia Selatan tetapi tidak ke dunia yang lebih besar.

Sementara endemik berkaitan dengan prevalensi penyakit. Artinya, penyakit selalu ada dalam suatu wilayah atau populasi tertentu.

"Wabah penyakit bersifat endemik ketika secara konsisten hadir tetapi terbatas pada wilayah tertentu. Hal ini membuat penyebaran penyakit dan tingkatnya dapat diprediksi. Malaria, misalnya, dianggap endemik di negara dan wilayah tertentu," ungkap Mailman School of Public Health.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jokowi Putuskan COVID-19 di RI Masuk Endemi, Apa Artinya?"