Hagia Sophia

23 June 2023

Proses Pemakaman Pria Obesitas 300 Kg Dibantu BASARNAS

Suasana pemakaman Fajri, pria obesitas 300 kg di TPU Menteng Pulo, Jakpus. (Foto: Averus Al Kautsar/detikHealth)

Muhammad Fajri, pria dengan berat badan hingga 300 kg yang sempat viral beberapa waktu lalu, menghembuskan napas terakhirnya pada Kamis (22/6) pukul 01.25 WIB dini hari. Jenazah Fajri dimakamkan hari ini di TPU Menteng Pulo, Jakarta Selatan.

Untuk mengangkut jenazah ke tempat pemakaman, pihak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang menangani Fajri berkoordinasi dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS), Pemadam Kebakaran (Damkar) Provinsi DKI Jakarta, dan pihak-pihak terkait.

"Kurang lebih sekitar jam 1 siang kita terima informasi dari RSCM untuk bantu evakuasi korban menuju pemakaman. Setelah sampai, kita bantu menurunkan dari lantai dua ke ambulans untuk dibawa ke pemakaman," ujar Rescuer BASARNAS Special Group, Shandy, saat ditemui detikcom di Jakarta Selatan, Kamis (22/6/2023).

Shandy mengungkapkan ini adalah kali pertamanya BASARNAS diturunkan untuk mengevakuasi menuju ke pemakaman.

"Iya, kami kali pertamanya seperti itu mengevakuasi," imbuhnya.

Selama proses pengantaran jenazah menuju liang lahat, Shandy mengaku timnya mengalami sejumlah kendala.

"Untuk kendala, tadi jalur dari terakhir ambulans ke pemakaman itu agak sempit. Jalurnya juga agak kurang stabil untuk posisi forklift, sehingga kita butuh banyak personil untuk mengevakuasi ke kuburan," ucapnya.

Shandy mengatakan pihaknya menurunkan 11 personil untuk dapat mengevakuasi jenazah ke liang lahat. Proses evakuasi sejak turun dari ambulans hingga sampai ke liang lahat memakan waktu lebih kurang satu jam.

"Proses evakuasi kurang lebih hampir satu jam, karena terkendala jalur yang agak sempit dan beban korbannya juga," pungkasnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Melibatkan Tim BASARNAS, Begini Proses Pemakaman Pria Obesitas 300 Kg"