Hagia Sophia

23 June 2023

Pemakaman Fajri Pakai Forklift dan Dibantu oleh Damkar

Proses pemakaman Fajri yang melibatkan BASARNAS dan Damkar. (Foto: A.Prasetia/detikcom)

Kabar duka sedang menyelimuti keluarga Muhammad Fajri, pria asal Tangerang dengan berat badan mencapai 300 kg. Pria yang lahir pada 25 Juni 1996 ini meninggal dunia pada Kamis (22/6/2023) dini hari, pukul 01.25 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Sebelumnya, Fajri telah berjuang melawan penyakit yang diidapnya selama 14 hari, tepatnya sejak 9 Juni lalu. dr Sidharta Kusuma Manggala, SpAn-KIC, selaku dokter yang menangani kasus ini, menyebut kondisi Fajri menurun sejak tiba di RSCM. Sebelum meninggal, ia mengalami masalah pada jantung dan paru-paru serta infeksi di kaki bagian kanan.

Proses pemakaman dilakukan di TPU Menteng Pulo, Jakarta Selatan. Di lokasi pemakaman, terlihat petugas pemadam kebakaran (Damkar) tengah mempersiapkan alat-alat, seperti tripod, untuk membantu menurunkan jenazah almarhum ke liang lahat.

Berdasarkan pantauan detikcom, terdapat 9 anggota damkar yang turut membantu penurunan jenazah dan dibantu dengan petugas tempat pemakaman umum. Tiba di TPU, jenazah Fajri diangkat menggunakan forklift untuk dibawa ke tanah pemakamannya.

"Ini pertama kali dengan bobot 300 sekian. Itu memang luar biasa dan pada saat sakit dan dibawa ke rumah sakit dari pihak damkar juga ikut membawa ke RSCM dan saat ini almarhum sudah meninggla dan kita juga emmbantu ke liang laat," ungkap Arfan, Kepala unit regu rescue sudin damkar Jakarta Pusat.

Proses pemakaman memakan waktu 30 sampai 60 menit. Arfan pun menyebut regunya mengalami kesulitan lantaran banyak masyarakat yang hadir di tempat pemakaman sehingga menghalangi gerak petugas.

"Untuk kesulitan adalah ketika masyarakat berdatangan banyak yang mengakibatkan sulit bergerak atau berakivitas yang kita inginkan," sebutnya.

"Bobotnya itu udah pasti berat, beban pasien itu luar biasa sehingga membuat kita kesulitan walaupun sudah membuat sistem yang kita rangkai tp apa boleh buat," lanjut Arfan.

Di TPU, terlihat pula ibunda dari Fajri yang datang bersama keluarga dan para tetangga. Sang ibu hanya bisa diam melihat putranya secara perlahan diturunkan ke liang lahat. Para kerabat dan tetangga yang berdatangan pun menyampaikan bela sungkawa sekaligus menguatkan ibu dari Fajri.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Proses Pemakaman Pria BB 300 Kg: Pakai Forklift, Dibantu Damkar"