Hagia Sophia

24 July 2023

Menu Diet Ini Ampuh untuk Hilangkan Lemak di Bagian Perut

Ilustrasi perut buncit. (Foto: iStock)

Lemak di bagian perut atau kerap disebut belly fat mungkin menjadi musuh banyak orang. Selain merusak penampilan, lemak perut adalah salah satu area paling berbahaya untuk menyimpan lemak.

Faktanya, lemak perut dapat meningkatkan risiko kematian dini. Ini juga berlaku bagi orang-orang yang sudah memiliki berat badan yang ideal.

Meski begitu, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghempaskan lemak bergelambir di perut. Salah satunya dengan mengkonsumsi yang sehat.

Dikutip dari laman Select Health, berikut menu makanan diet yang ampuh hempaskan perut bergelambir:

Kacang-kacangan

Ahli diet Cynthia Sass mengungkapkan kacang-kacangan bisa membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan perut. Kacang sarat dengan serat larut, yang dapat menghilangkan peradangan pada sistem pencernaan. Peradangan yang kronis bisa meningkatkan berat badan.

Coba Makan Salmon

Untuk menghempaskan perut yang bergelambir, bukan berarti harus menghilangkan lemak dalam menu dietnya. Sebab bukannya efektif, hal tersebut malah membuat tubuh menjadi tidak sehat.

Lemak jenuh, seperti yang ada di dalam daging dan susu, tidak akan membantu menurunkan berat badan. Maka dari itu, disarankan untuk mengganti asupan lemak menjadi lemak tak jenuh, seperti salmon.

Yogurt Jangan Ketinggalan!

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa gemuk yang mengkonsumsi yogurt bebas lemak tiga porsi dalam sehari, dan menjalani diet rendah kalori, akan menghilangkan lemak dan berat badan secara signifikan. Jumlah lemak yang dihilangkan lebih banyak dibandingkan mereka yang melakukan diet rendah kalori, tapi tidak mengkonsumsi yogurt.

Orang yang biasa mengkonsumsi yogurt bisa menghilangkan 22 persen lebih banyak berat badan. Selain itu, mereka juga akan kehilangan 61 persen lebih banyak lemak tubuh daripada yang lain.

Paprika Merah

Siapa sangka, paprika merah juga bisa membantu meluruhkan lemak di perut. Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya dapat melawan lemak-lemak di perut yang mengganggu.

Brokoli

Seperti paprika, brokoli juga mengandung vitamin C yang tinggi. Itu bisa membantu meluruhkan lemak-lemak di perut.

Edamame

Makanan yang kerap ditemukan di restoran sushi ini juga mengandung serat dan nutrisi yang tinggi. Edamame berfungsi sebagai pendamping makanan yang membantu seseorang merasa kenyang untuk waktu yang lama. Selain itu, edamame juga makanan yang sangat rendah kalori.

Jamur

Dikutip dari Style Craze, jamur juga bisa masuk ke dalam menu makanan diet untuk menghempaskan perut bergelambir. Direktur Eksekutif Nutrisi dan Pengembangan Strategis Euphebe, Kayleen St John, R,D, jamur mengandung vitamin D yang baik untuk mengatasi obesitas di perut.

Jamur rendah kalori, tinggi protein, dan kandungan air yang lezat. Ini bisa disajikan dengan mudah, seperti sup jamur atau menambahkannya ke salad dan sandwich untuk membuat makan siang atau makan malam yang lezat tanpa mengkhawatirkan kalori.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Menu Diet Ampuh Hempaskan Perut Bergelambir, Mau Coba?"