Hagia Sophia

11 July 2023

Menurut Penelitian, Ini Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi

Ilustrasi kopi. (Foto: Shutterstock)

Para pekerja kantoran pasti mengetahui 'keajaiban' secangkir kopi. Ketika mencoba untuk berkonsentrasi, kopi menjadi booster untuk mengembalikan konsentrasi dan produktivitas. Lantas biar efeknya paling jos, kapan saat yang tepat untuk meminum kopi?

Perlu diketahui, menurut riset, kemerosotan produktivitas pekerja kantoran terjadi pukul 13.27.

Menurut sebuah studi baru-baru ini oleh Office Freedom, pekerja paling produktif pada pukul 10.22 dan akan mencapai speed bump produktivitas pada pukul 13.27. Jajak pendapat terhadap 2.000 karyawan menemukan tingkat pekerjaan akan terus memburuk sepanjang sore, dengan kemerosotan tambahan tercatat pada pukul 14.06.

Dalam jajak pendapat ini, minum kopi ditemukan di antara tiga cara teratas untuk mendapatkan dorongan energi di tempat kerja, selain berjalan-jalan di luar dan minum secangkir teh. Oleh karena itu, mereka yang ingin memiliki produktivitas tinggi sebaiknya menjadwalkan minum kopi pada pukul 13.27, untuk menghindari potensi kantuk di sore hari.

"Kafein mempengaruhi otak atas reseptor adenosin (yang secara alami memberi sinyal pada otak dan tubuh Anda untuk melambat ketika Anda lelah) sehingga Anda menipu tubuh Anda untuk berpikir bahwa ia memiliki lebih banyak energi daripada itu," terang ahli dikutip dari Psychology Today, Minggu (9/7/2023).

Namun, kopi dan minuman kafein lainnya harus dikonsumsi secukupnya untuk menghindari efek samping negatif atau berpotensi berbahaya. Pasalnya pada beberapa orang, asupan kafein yang berlebihan dapat menyebabkan sejumlah masalah, termasuk insomnia, sakit kepala dan kecemasan yang meningkat.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Terkuak! Ini Waktu Paling Tepat buat Ngopi Kata Riset, Konsentrasi On Terus"