Hagia Sophia

11 July 2023

Konsep Ikagi yang Dianut Warga Jepang Membuat Hidup Lebih Sehat

Potret orang tua di Jepang. (Foto: Dikhy Sasra)

Jepang adalah salah satu negara dengan angka harapan hidup tertinggi di dunia. Banyak warga Jepang bahkan memiliki usia di atas 100 tahun dan masih bisa hidup dengan sehat.

Selain kebiasaan hidup yang lebih sehat, konsep 'Ikigai' juga dipegang oleh banyak warga Jepang. Konsep tersebut digunakan untuk menemukan apa yang memicu seseorang untuk menjalani hidup dengan tujuan. Memiliki tujuan dalam hidup berkaitan erat dengan umur yang panjang.

Hector Garcia dan Francesc Miralles membahas soal ikigai dalam bukunya yang berjudul 'Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life'. Menurut Garcia dan Miralles, Okinawa merupakan salah satu daerah yang warganya banyak memegang konsep ikigai.

Okinawa merupakan daerah dengan jumlah centenarian terbanyak di dunia. Centernarian merupakan orang yang hidup dengan usia lebih dari 100 tahun.

Adapun berikut ini 10 aturan ikigai yang mereka temukan untuk membuat hidup berjalan sesuai tujuan, dikutip dari CNBC:

Terus Aktif dan Tidak Pensiun
Banyak orang yang berumur panjang di dunia masih terus bekerja di usia 80-an sampai 90-an tahun. Banyak orang yang memilih pensiun dan tidak aktif dalam kehidupan kesehariannya meningkatkan risiko penurunan kemampuan kognitif.

Tetap Santai
Walaupun kesannya normal, sifat terburu-buru dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Garcia dan Miralles menyarankan untuk tetap pelan-pelan dan melihat bagaimana hal tersebut menambah makna hidup.

Jangan Isi Penuh Perut
Banyak centenarian menyarankan untuk makan hanya 80 persen dari apa yang ada di piring. Pastikan makanan yang masuk ke dalam tubuh memang benar-benar dibutuhkan dan hindari makanan yang hanya akan memberikan kesenangan jangka pendek.

Keliling Diri dengan Teman Baik
Dalam sebuah studi Harvard yang dilakukan dalam waktu 85 tahun, memiliki hubungan yang baik dengan orang lain dikaitkan dengan kebahagiaan dan umur panjang. Banyak centenarian di Okinawa memprioritaskan waktu bersama di pusat komunitas di desa mereka.

Tak jarang mereka berkompetisi dalam pertandingan olahraga persahabatan.

Kejar Bentuk Badan yang Baik
Olahraga adalah komponen besar yang berkontribusi pada umur panjang. Tidak perlu melakukan olahraga berat, banyak warga centenarian di Okinawa berolahraga sebanyak lima menit setiap hari.

Jangan Lupa Senyum
Garcia dan Miralles mengatakan bahwa tersenyum adalah salah satu kunci kebahagiaan dalam hidup.

"Adalah baik untuk mengenai hal-hal yang tidak begitu hebat, tapi kita seharusnya jangan pernah lupa keuntungan bisa berada di sini dan saat ini di dunia yang memiliki banyak kemungkinan," tulis Garcia dan Miralles.

Terhubung dengan Alam
Sempatkan waktu untuk berjalan-jalan menghirup udara segar di alam. Menghabiskan waktu di alam mungkin terasa seperti membuang-buang waktu, namun hal tersebut justru meningkatkan produktivitas, meningkatkan suasana hati, dan daya ingat.

Bersyukur
Bersyukur adalah cara yang baik untuk mengingatkan diri tentang semua hal baik yang terjadi dalam hidup. Luangkan waktu untuk memberikan penghargaan pada keluarga, teman, dan bahkan diri sendiri.

Hidup dalam Momen
Garcia dan Miralles mengatakan bahwa penting untuk berhenti menyesali masa lalu dan takut masa depan. Manfaatkan apa yang dimiliki saat ini dan buat hal tersebut layak untuk terus diingat.

Ikuti Ikigai
Temukan hasrat yang dapat mendorong diri dalam hidup. Memiliki ikigai menambah tujuan hidup dan dapat menghasilkan lebih banyak kebahagiaan.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Aturan Ikigai yang Bikin Warga Jepang Bisa Hidup Sehat Sampai Usia Seabad"