Hagia Sophia

11 July 2023

Beberapa Kebiasaan Pagi Ini Bisa Buat Perut Bergelambir

Kebiasaan pagi yang bikin perut bergelambir (Foto: Getty Images/katleho Seisa)

Bagi beberapa orang, menurunkan berat badan adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Perut bergelambir, kondisi fisik tubuh yang kurang sehat dan berat badan yang semakin hari semakin naik. Kondisi tersebut dapat menganggu seseorang dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari.

Ternyata sebenarnya menurunkan berat badan dapat terasa mudah jika seseorang melakukannya dengan benar. Namun, beberapa orang sering kali melakukan kebiasaan di pagi hari yang menjadi pemicu perut bergelambir dan naiknya timbangan, hal tersebut meliputi:

1. 'Skip' minum air putih

Memulai hari dengan minum air putih dapat membantu menurunkan berat badan. Air membantu mempercepat metabolisme dan memperbaiki sistem pencernaan. Selain itu, air juga membantu membersihkan tubuh secara menyeluruh. Minum air putih dapat mengurangi nafsu makan dan asupan kalori seseorang. Dengan menjaga tubuh terhidrasi dengan baik, seseorang dapat menurunkan berat badan dengan sukses dan baik.

2. Melewatkan olahraga

Dikutip dari ndtv.com berolahraga di pagi hari dapat membantu seseorang membakar lebih banyak kalori dan mencegah penambahan berat badan. Berolahraga dalam keadaan perut kosong di pagi hari dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak tubuh dan berperan dalam proses penurunan berat badan. Maka dari itu, sempatkanlah berolahraga terlebih dahulu di pagi hari, sebelum melakukan aktivitas seharian.

3. Tidak sarapan

Sarapan dapat memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk membantu menstabilkan kadar glukosa. Melewatkan sarapan berarti menghambat metabolisme seseorang dan melambatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Hal ini akan menimbulkan kebiasaan makan yang buruk sepanjang hari. Pilihlah sarapan yang sehat, dengan begitu akan membantu mengurangi keinginan makan dan mencegah rasa lapar berlebihan.

4. Konsumsi makanan olahan

Mengonsumsi makanan olahan dan gorengan di pagi hari, dapat menghambat penurunan berat badan seseorang. Makanan olahan mengandung jumlah garam dan gula yang berlebihan, sehingga dapat memengaruhi kesehatan seseorang. Sebaiknya di pilihlah makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, untuk dikonsumsi di waktu pagi.

Memulai pagi hari dengan menghindari beberapa kebiasaan di atas, seseorang dapat menciptakan pola hidup yang sehat, berat badan terkontrol dan terhindar dari perut bergelambir.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "4 Kebiasaan Pagi yang Tak Disadari Bikin Perut Bergelambir"