Hagia Sophia

11 July 2023

Tiga Gejala Ini Bisa Jadi Tanda Kolesterol Tinggi

Ilustrasi kolesterol (Foto: Thinkstock)

Kolesterol tinggi merupakan kondisi saat kadar kolesterol di dalam tubuh melebihi batas normal. Pada awalnya, kondisi ini mungkin tak menyebabkan masalah apapun. Namun, lama kelamaan tak diobati, dapat meningkatkan risiko sejumlah masalah kesehatan serius.

Hal tersebut terjadi lantaran kolesterol dapat menumpuk di arteri yang menyebabkan penyumbatan, mencegah darah masuk. Jika tidak diobati ini dapat mengakibatkan keadaan darurat medis, seperti serangan jantung dan stroke.

"Ini seringkali merupakan faktor risiko tersembunyi yang artinya bisa terjadi tanpa kita sadari hingga terlambat," demikian kata The British Heart Foundation (BHF), dikutip dari Daily Express.

Meskipun kolesterol tinggi dapat menjadi risiko 'tersembunyi' lantaran tak memicu gejala, namun dalam beberapa kasus, seseorang dapat melihat tiga tanda kolesterol tinggi pada tubuhnya. Biasanya dapat muncul di tangan, lutut, pergelangan kaki, bahkan mata.

BHF mendesak orang-orang untuk mewaspadai tanda-tanda kolesterol yang bisa terlihat. Berikut informasinya.

Tendon Xanthoma
Tendon xanthoma adalah timbunan kolestrol dalam tendon. Mereka muncul sebagai popula yang membesar perlahan atau nodul subkutan yang melekat pada tendon. Kondisi ini biasanya dapat muncul di jari tangan, lutut, atau tendon Achilles di belakang pergelangan kaki.

Xanthelasma
Xanthelasma adalah benjolan kolesterol kecil berwarna kuning yang ditemukan di dekat sudut dalam mata.

Arcus Kornea
Arkus kornea adalah kondisi yang ditandai dengan adanya semacam cincin berwarna putih, abu-abu muda, atau biru di sekeliling lingkaran mata yang berwarna (kornea). Kornea biasanya jernih dan memungkinkan warna iris di bawahnya terlihat.

Meskipun demikian, satu-satunya cara untuk memastikan apakah kadar kolesterol terlalu tinggi atau tidak di dalam tubuh adalah dengan melakukan tes.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Waspadai Jika Muncul 3 Gejala Ini di Tubuh, Bisa Jadi Kolesterol Tinggi"