Hagia Sophia

12 August 2023

Menurut Studi, Jalan 4 Ribu Langkah Sehari Bisa Perpanjang Umur

Jalan kaki 4 ribu langkah menurunkan risiko kematian. (Foto: Thinkstock)

Ternyata tak perlu 10 ribu langkah sehari untuk meningkatkan kesehatan. Peneliti menemukan bahkan 4 ribu langkah per hari bisa mencegah kematian dini.

Dalam analisis yang diterbitkan di European Journal of Preventive Cardiology, peneliti menemukan berjalan 4 ribu langkah sehari dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah.

Dikutip dari NBC News, penelitian tersebut mengumpulkan hasil dari 17 studi yang mengamati manfaat kesehatan yang terkait dengan hitungan langkah di enam negara. Orang yang paling tidak aktif dalam penelitian ini melakukan sekitar 4.000 langkah per hari dan masih mengalami penurunan risiko kematian akibat penyebab apa pun.

Semakin banyak langkah yang diambil orang, semakin rendah risiko kematiannya.

"Setiap tambahan seribu langkah per hari dikaitkan dengan penurunan 15 persen dalam risiko kematian seseorang secara keseluruhan," tulis penelitian tersebut.

Analisis yang dilakukan melibatkan orang-orang yang melakukan sebanyak 20 ribu langkah per hari dan tidak menemukan batas atas manfaat kesehatan dari berjalan kaki. Orang dewasa yang lebih muda melihat penurunan yang lebih besar dalam risiko kematian secara keseluruhan dibandingkan dengan orang dewasa yang lebih tua.

"Pesan utamanya adalah bahwa kita harus memiliki langkah sebanyak mungkin dan kita harus memulainya sedini mungkin untuk mendapatkan manfaat kesehatan tertinggi," kata Dr. Maciej Banach, penulis utama studi tersebut dan seorang profesor kardiologi di Universitas Kedokteran Lodz di Polandia.

Studi yang dianalisis timnya mencakup hampir 227.000 peserta secara total, kebanyakan dari mereka umumnya sehat, dan mengikuti orang selama rata-rata tujuh tahun. Para peserta berasal dari Australia, Jepang, Norwegia, Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat.

Ketika melihat risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular khususnya, para peneliti menemukan bahwa berjalan setidaknya 2.337 langkah per hari menurunkan risiko, dengan setiap tambahan 500 langkah setiap hari dikaitkan dengan pengurangan risiko tambahan sebesar 7 persen.

Studi tersebut menunjukan bahwa untuk orang di bawah usia 60 tahun, berjalan antara 7 ribu dan 13 ribu langkah per hari menurunkan risiko kematian secara keseluruhan sebesar 49 persen. Bagi mereka yang berusia 60 tahun ke atas, berjalan 6 ribu hingga 10 ribu langkah setiap hari menurunkan risiko sebesar 42 persen.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Terbukti Lewat Studi, Berjalan 4 Ribu Langkah Sehari Bisa Bikin Panjang Umur!"