Hagia Sophia

12 August 2023

Wanita Ini Terpaksa Dilarikan ke RS Akibat Tidak Bisa BAB Selama 10 Hari

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/DrGrounds)

Seorang wanita di China mengalami sembelit atau susah buang air besar selama 10 hari. Hal itu membuat perutnya buncit dan semakin membesar.

Dikutip dari laman Daily Star, wanita yang dikenal sebagai Hua itu hampir tidak bisa bangun dari tempat tidur. Ia mengeluhkan rasa sakit yang disebabkan oleh kembung di perutnya yang begitu hebat.

Diketahui, Hua sudah mengalami sembelit selama bertahun-tahun. Tetapi, kondisi itu tidak bisa diatasi dengan obat pencahar, sehingga Hua harus mendapatkan pertolongan medis.

Selama 10 hari, Hua merasa sangat tersiksa. Saat tiba di rumah sakit, perutnya terlihat seperti hamil dan kembung. Tekanan dari feses yang menumpuk di tubuhnya itu membuatnya sulit untuk bernapas.

Pasangannya pun dapat merasakan kotoran yang ada dalam tubuh Hua sekeras batu. Hua didesak untuk segera mendapatkan pertolongan medis secepat mungkin.

Wanita 53 tahun itu langsung dilarikan ke Rumah Sakit Pertama Universitas Zhejiang di China Timur. Ahli bedah yang membantu Hua mengeluarkan kotorannya itu juga merasa ngeri sekaligus kaget.

Pasalnya, kotoran yang diperkirakan telah menumpuk dalam waktu lama itu diperkirakan seberat 20 kg. Bentuknya besar agak panjang, terlihat seperti 'ular piton'.

Setelah pembedahan selesai, beberapa organ tubuh Hua, seperti hati, perut, usus kecil, dan organ lainnya tertekan oleh ususnya yang membesar. Dokter mendiagnosis Hua mengalami cacat dari lahir, yang menyebabkan sel saraf ususnya kurang bisa berkembang.

Kondisi itu disebut sebagai penyakit Hirschsprung, yang menyebabkan kotoran bergerak sangat lambat atau bahkan tersangkut saat bergerak di sepanjang usus. Hal itu yang membuat fesesnya menumpuk dan mengeras di dalam tubuh.

Berdasarkan laporan dari rumah sakit, saat ini Hua sedang dalam masa pemulihan setelah melewati proses pembedahan tersebut.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tak Bisa BAB 10 Hari, Perut Mendadak Penuh Feses Sebesar Ular Piton"