Hagia Sophia

12 August 2023

Sampah Mikroplastik Ditemukan di Jantung dan Jaringan Tubuh Manusia

Gawat, Polusi Mikroplastik Makin Parah Sampai Ada di Jantung Manusia. Foto: IFL Science

Mikroplastik untuk pertama kalinya ditemukan di jantung manusia dan jaringan terdalamnya. Konsekuensi temuan mikroplastik di jantung terhadap kesehatan manusia masih belum diketahui. Namun studi terbaru ini adalah satu lagi pengingat suram tentang betapa gawatnya polusi plastik di dunia.

Dalam sebuah studi, ilmuwan di Rumah Sakit Anzhen Beijing di China mengumpulkan sampel jaringan jantung dari 15 pasien yang menjalani operasi jantung, serta sampel darah yang diambil sebelum dan sesudah operasi.

"Menggunakan sejumlah teknik pencitraan yang berbeda, tim mendeteksi puluhan hingga ribuan potongan mikroplastik di sebagian besar sampel jaringan," demikian tulis laporan tersebut seperti dikutip dari IFL Science.

Meskipun jelas bahwa proses operasi memang memperkenalkan bahan mikroplastik, ada juga bukti bahwa bahan plastik asing tertanam di jaringan, jauh sebelum pasien dibaringkan di meja operasi.

Sebagai permulaan, semua sampel darah mengandung mikroplastik. Sampel darah yang diambil pasca operasi mengandung mikroplastik dengan ukuran lebih kecil dan memiliki jenis plastik yang lebih beragam. Ini menunjukkan bahwa beberapa mikroplastik masuk ke tubuh selama operasi.

Dari sampel jaringan, para peneliti menemukan sembilan jenis plastik di lima jenis jaringan jantung. Beberapa dari mikroplastik ini ternyata sudah ada sebelum operasi apa pun dilakukan.

Tim mengidentifikasi partikel mikroskopis dari polimetil metakrilat, plastik yang biasa digunakan sebagai bahan alternatif kaca yang tahan pecah, terdapat di pelengkap atrium kiri, jaringan adiposa epikardial, dan jaringan adiposa perikardial. Menurut mereka, temuan microplastik tersebut tidak dapat dikaitkan dengan paparan yang tidak disengaja selama operasi.

Jenis plastik lain yang ditemukan dalam sampel termasuk polietilen tereftalat, yang banyak digunakan dalam wadah pakaian dan makanan, dan polivinil klorida yang meresap dalam bangunan dan konstruksi.

"Pendeteksian mikroplastik (MP) in vivo mengkhawatirkan, dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki bagaimana MP memasuki jaringan jantung dan efek potensial MP pada prognosis jangka panjang setelah operasi jantung," kata penulis dalam kesimpulan mereka.

Mikroplastik telah ditemukan di hampir setiap sudut dan celah lingkungan Bumi, mulai dari es Antartika hingga salju di Kutub Utara. Ada semakin banyak bukti bahwa mikroplastik juga semakin menyebar di tubuh manusia.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa kotoran manusia penuh dengan mikroplastik, yang menunjukkan bahwa bahan tersebut meresap ke dalam usus manusia. Ada juga bukti mikroplastik tertanam di banyak organ dan jaringan lain di dalam tubuh. Mereka bahkan mengidentifikasinya ada di plasenta manusia.

Dampak mikroplastik pada kesehatan hewan belum banyak disepakati atau dipahami sepenuhnya, meskipun bukti mulai muncul bahwa hal itu memiliki efek yang merugikan. Di luar itu semua, sungguh luar biasa namun memprihatinkan bahwa bahan plastik bisa menyebar begitu luas sejak diproduksi secara massal kurang dari satu abad lalu.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Gawat, Polusi Mikroplastik Makin Parah Sampai Ada di Jantung Manusia"