Hagia Sophia

08 September 2023

Menu Sarapan Ini Cocok untuk yang Sedang Jalani Diet

istimewa

Pemilihan menu sarapan yang kaya akan nutrisi tentunya penting untuk mengawali hari. Namun tidak semua makanan dapat membantu merasa kenyang lebih lama untuk mendukung program diet seseorang, demi membantu menurunkan berat badan. Dikutip dari laman Healthy, berikut beberapa makanan sehat yang bisa menjadi pilihan sarapan:

Telur
Kandungan protein yang tinggi dalam telur dapat mengurangi nafsu makan. Konsumsi telur saat sarapan dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Hal ini telah dibuktikan oleh salah satu penelitian yang melibatkan 30 wanita dengan kelebihan berat badan. Dari hasil penelitian tersebut makan telur untuk sarapan secara signifikan dapat meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi asupan makanan di kemudian hari. Cobalah memasak dua atau tiga telur mulai dari direbus hingga diolah menjadi telur orak arik, bisa menjadi sarapan yang sehat dan bergizi.

Biji gandum
Biji gandum mengandung sejumlah vitamin dan mineral terkonsentrasi, termasuk mangan, tiamin, serta selenium. Gandum juga mengandung tinggi serat karena menawarkan 4 gram serat dalam setiap porsi 1 ons.

Salah satu penelitian menunjukkan makan sereal berserat tinggi efektif mengurangi nafsu makan serta membantu menstabilkan gula darah usai makan. Pemanfaatan gandung sebagai topping untuk oatmeal, smoothie, atau yogurt dapat menambahkan sedikit kerenyahan dan serat ekstra pada menu sarapan.

Pisang
Pisang yang mengandung tinggi serat namun rendah kalori dapat menjadi pilihan alternatif yang bagus untuk sarapan. Serat bermanfaat memperlambat pengosongan perut untuk membuat kenyang lebih lama.

Pemanfaatan pisang sebagai topping yogurt, keju cottage, atau oatmeal dapat menjadi pilihan menu di pagi hari.

Yogurt
Yogurt yang lembut dan lezat dapat menjadi makanan tambahan yang bagus untuk diet penurunan badan. Selain itu yogurt memberikan banyak protein dalam setiap porsi menjadi pilihan menu ideal yang membantu menurunkan berat badan.

Cobalah menggabungkan satu cangkir yogurt dengan campuran buah menjadi menu sarapan yang sangat bergizi.

Teh hijau
Telah dipelajari secara ekstensif teh hijau berguna untuk metabolisme serta pembakaran lemak. Hal ini ditunjukkan oleh salah satu studi yang melibatkan 10 orang dewasa bahwa teh hijau mempercepat metabolisme dan meningkatkan pembakaran kalori selama periode 24 jam sebesar 4 persen.

Menikmati teh hijau di pagi hari dengan mencampurkan sedikit perasan lemon dan madu dapat menjadi pilihan.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Menu Sarapan Cocok Buat Diet, Bikin Kenyang Lebih Lama"