Hagia Sophia

08 September 2023

Ridwan Kamil Ingin Keliling Dunia untuk 'Me Time', Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

Ridwan Kamil. Foto: Rindy Nurjanah/detikJabar

Ridwan Kamil membuat heboh lewat 'breaking news' yang disampaikan bertepatan dengan akhir masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023, pada Selasa (5/9/2023) kemarin. Ternyata, 'breaking news' yang dimaksud Ridwan Kamil adalah keinginan untuk beristirahat dengan melakukan 'me time'.

"Saya mau me time. Saya teh mau pergi jauh keliling dunia mulai pekan depan. 10 tahun tidak ada me time kecuali curi-curi waktu sedikit saat kedinasan ke luar wilayah. Mau recharge badan dan pikiran," tuturnya dalam akun Instagram pribadi @ridwankamil, Kamis (7/9/2023).

"Its time for me time. Entah kapan kembali lagi," sambungnya.

Lantas, apa sih manfaat 'me time' tersebut? Menurut spesialis kedokteran jiwa dr Lahargo Kembaren, SpKJ, 'me time' adalah sebuah aktivitas yang dibutuhkan setiap orang untuk dapat mencapai work-life balance.

"Yang namanya work-life balance atau keseimbangan antara waktu untuk bekerja, waktu untuk istirahat, aktualisasi diri, itu memang dibutuhkan setiap orang, dan setiap orang punya kebutuhan yang berbeda-beda," ujarnya saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (7/9/2023).

Lebih lanjut, ia mengatakan 'me time' memberikan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan mental. Karena dengan melakukan 'me time', seseorang bisa lepas dari urusan pekerjaan dan masalah serius yang jadi beban pikiran.

"Me time itu adalah saat kita menyadari kita memerlukan juga yang namanya self-love, mengasihi, menyayangi, mengapresiasi, dan memberikan apa yang dibutuhkan oleh diri kita," imbuhnya.

dr Lahargo menuturkan 'me time' juga tidak harus dengan cara berekreasi seperti yang dilakukan Ridwan Kamil. Hal yang paling penting adalah 'me time' bisa memberikan kesempatan untuk tubuh dan pikiran kembali segar dan tenang.

"Me time itu nggak berarti kita rekreasi piknik ke mana. Tapi, ada jeda di tengah kesibukan yang membuat kita cooling down, calm down, membuat kita bisa refreshing lagi. Itu juga termasuk me time," pungkasnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ridwan Kamil Mau Keliling Dunia, Begini Manfaat Me Time buat Kesehatan Mental"