Hagia Sophia

22 September 2023

Tidak Sadar Hamil, Remaja Ini Kaget Lihat Kaki Bayi Muncul

Ilustrasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/flukyfluky

Seorang remaja berusia 19 tahun tak sadar dirinya tengah mengandung, sampai tiba-tiba ada kaki bayi 'nongol' dari rahimnya ketika ia sedang di toilet. Bagaimana bisa?

Remaja tersebut adalah Faye White. Sebelumnya, ia sempat beberapa kali menjalani tes kehamilan dan hasilnya negatif. Dari situ, ia pikir dirinya tidak sedang hamil sehingga ia tetap beraktivitas normal layaknya remaja pada umumnya. Ia bahkan masih berpesta dan minum minuman beralkohol.

Ia mengaku, perutnya tidak terlihat begitu membesar selama beberapa bulan masa kehamilan. Menstruasinya tetap berjalan teratur, dan ia tidak merasa sakit sama sekali.

"Saya pergi ke toilet karena saya merasakan tekanan yang sangat buruk dan ada sesuatu yang keluar. Saya berjalan kembali ke kamar saya dan ternyata itu adalah kakinya, jadi saya akhirnya memanggil ambulans. Ibu mertua saya mengatakan dia bisa melihat ada kaki yang menjuntai dan kaki itu benar-benar terjatuh," ujar Faye dikutip dari Mirror News UK, Kamis (21/9/2023).

"Saya bahkan melakukan tes lima hari sebelum saya membawa Luna (bayi Faye) ke kamar mandi bersama teman saya dan hasilnya negatif. Karena saya sudah hamil, kadar HCG saya sangat tinggi sehingga hasilnya negatif. Sepanjang saya hamil, saya menstruasi. Saya sedikit kembung tetapi saya tidak memikirkan apa pun karena itu sangat kecil," imbuhnya.

Faye hanya membutuhkan waktu dua jam untuk melahirkan putrinya Luna-Grace Behrens, yang lahir pada usia 37 minggu di ambulans. Sebelumnya, Faye juga pernah mengandung bayi laki-laki yang meninggal di usia kehamilan 18 minggu pada Mei tahun lalu.

"Saya terkejut yang saya lakukan hanyalah berteriak. Saya sangat bingung. Ada enam paramedis dan seorang bidan yang semuanya berada di belakang ambulans yang berusaha mengeluarkannya. Saya harus melahirkannya dalam posisi sungsang," bebernya.

Faye juga mengisahkan, naluri keibuan muncul begitu saja pada dirinya ketika baru melahirkan Luna. Baginya, semua terjadi begitu saja. Bahkan pada detik-detik menuju melahirkan, ia sama sekali tak terpikir bahwa ia akan melahirkan bayi dan menjadi seorang ibu.

Faye sempat dilarikan ke sebuah tempat untuk kemudian dijemput menggunakan helikopter dan dibawa ke rumah sakit terdekat. Namun karena proses bersalinnya sudah telanjur berlangsung, Faye akhirnya melahirkan di bagian belakang ambulans, di sebelah lapangan sepak bola. Barulah setelah itu, ia dilarikan ke unit perawatan intensif di Rumah Sakit Broomfield setelah menderita beberapa komplikasi kelahiran.

Posisi sungsang membuat Luna menderita ensefalopati hipoksik-iskemik ringan (HIE). Faye dan pasangannya sempat harus menunggu untuk melihat dampak yang akan terjadi pada dirinya karena kepala bayinya sempat terjebak selama sembilan menit. Namun, Faye menjelaskan bayinya sudah tersenyum dan menangis.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Remaja 19 Tahun Tak Sadar Hamil, Kaget saat Lihat Kaki Bayi 'Nongol' dari Rahim"