Hagia Sophia

28 December 2023

Aktor Korsel Lee Sun Kyun Ditemukan Meninggal di Dalam Mobilnya

Aktor Lee Sun Kyun meninggal. (Foto: Instagram)

Aktor Korea Selatan Lee Sun Kyun dilaporkan meninggal dunia. Bintang film peraih Oscar 'Parasite' itu ditemukan meninggal di dalam mobilnya.

Dilaporkan The Korean Herald, aktor berusia 48 tahun itu ditemukan tidak sadarkan diri di dalam mobilnya sekitar pukul 10:30, setelah menghirup asap dari briket arang. Petugas darurat mengatakan dia sudah meninggal pada saat ditemukan.

Sebelum kematiannya yang tragis, Lee Sun-kyun terlibat dalam skandal narkoba. Aktor tersebut dituduh menggunakan narkoba, sebuah klaim yang dibantahnya dengan keras, dan menghubungkan tuduhan tersebut dengan kesalahpahaman mengenai obat tidur.

Meninggalnya Lee Sun Kyun menambah daftar panjang artis Korea yang bunuh diri. Kasus kematian akibat bunuh diri di Negeri Ginseng itu juga menjadi perhatian banyak pihak, termasuk pemerintah.

Pada 2021, sekitar 5,3 ribu orang di Korea Selatan melakukan bunuh diri karena penyakit mental. Penyakit mental, masalah keuangan, dan penyakit fisik menjadi alasan paling banyak untuk melakukan bunuh diri di kalangan warga Korea Selatan pada tahun itu.

Dua tahun sebelumnya, World Population Review menunjukkan tingkat bunuh diri di Korea Selatan menempati urutan keempat di dunia, yakni 26,9 kematian akibat bunuh diri per 100 ribu penduduk.

Terkait kasus bunuh diri di kalangan selebriti, Jang Soong-nang, peneliti epidemiologi sosial di Universitas Chung-ang, menjelaskan bahwa media sosial berperan. Segala sesuatu yang dilakukan dan dikatakan selebriti diungkapkan, dimanipulasi, dikritik, dan terkadang didorong oleh politik identitas yang menunjukkan kebencian.

"Ada persaingan tanpa akhir. Mereka hanya menjalani kehidupan sehari-hari. Tetap hidup itu sendiri sangat sulit" kata Jang kepada DW News.

Budaya kerja yang dinilai keras bagi para aktris dan seleb Korsel disebut juga menjadi pemicu bunuh diri. Menurut Jang, beberapa dari mereka kerap kompetitif dalam mengutamakan karier, sehingga ada artis yang tidak tahan dengan budaya tersebut.

"Adapun hal lain dalam hidup, hal-hal yang tak tertahankan, sulit, dan kompetitif," lanjut dia.


Catatan: Depresi dan munculnya keinginan bunuh diri bukanlah hal sepele. Kesehatan jiwa merupakan hal yang sama pentingnya dengan kesehatan tubuh atau fisik. Jika gejala depresi semakin parah, segeralah menghubungi dan berdiskusi dengan profesional seperti psikolog, psikiater, maupun langsung mendatangai klinik kesehatan jiwa. Layanan konsultasi kesehatan jiwa juga disediakan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia (PDSKJI) di laman resminya yaitu www.pdskji.org. Melalui laman organisasi profesi tersebut disediakan pemeriksaan secara mandiri untuk mengetahui kondisi kesehatan jiwa seseorang.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Aktor 'Parasite' Lee Sun Kyun Meninggal, Kenapa Banyak Artis Korea Bunuh Diri?"