Hagia Sophia

24 December 2023

Berbagai Jus yang Bisa Redakan Kolesterol dan Asam Urat

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/

Jus penurun kolesterol dan asam urat merupakan alternatif bagi pengidap kolesterol tinggi dan asam urat. Sebab, selain mengonsumsi obat medis, pengidap kolesterol dan asam urat diwajibkan untuk menerapkan pola hidup yang sehat, salah satunya pola makan.

Kolesterol tinggi dan asam urat merupakan dua penyakit yang kerap dialami banyak orang. Kolesterol tinggi adalah kondisi ketika kadar kolesterol jahat (low-density lipoprotein/LDL) dan trigliserida dalam tubuh melebihi batas normal. Kolesterol LDL dan trigliserida yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan sejumlah komplikasi yang membahayakan kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, hingga stroke.

Sementara, asam urat adalah kondisi ketika asam urat dalam tubuh terlalu tinggi sehingga memicu terjadinya peradangan sendi yang disebut juga dengan gout.

Kedua kondisi tersebut dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan sehat dan gizi seimbang, seperti buah dan sayuran. Mengolahnya menjadi jus merupakan salah satu cara nikmat mengonsumsi buah dan sayuran untuk menurunkan kolesterol dan asam urat.

Jus Penurun Kolesterol dan Asam Urat

1. Jus Apel
Buah apel kaya akan zat bernama polifenol. Salah satu khasiat dari senyawa ini adalah mencegah kolesterol LDL membentuk plak dan menyumbat di pembuluh arteri.

Sebuah studi mengungkapkan orang dewasa yang mengonsumsi 375 mililiter jus apel segar setiap hari selama 6 minggu memiliki risiko penumpukan kolesterol LDL 20 persen lebih kecil dibanding mereka yang tidak rutin mengonsumsi.

Di sisi lain, jus apel juga bermanfaat untuk menurunkan asam urat dalam darah. Hal ini berkat kandungan serat yang ada dalam buah apel. Serat tersebut dapat menyerap asam urat dari dalam darah dan menghilangkan kelebihan asam urat yang ada di dalam tubuh. Tak hanya itu, apel juga kaya akan asam malik (malic acid) yang dapat menetralisir efek asam urat dalam tubuh.

2. Jus Semangka
Selain apel, semangka juga termasuk buah yang cocok dikonsumsi oleh pengidap kolesterol tinggi. Pasalnya, semangka kaya akan zat glutathione yang dapat menurunkan kadar kolesterol, mencegah penumpukan plak di pembuluh darah, dan meningkatkan fungsi ginjal.

Selain itu, jus semangka juga dapat membantu membersihkan kelebihan asam urat yang menumpuk di ginjal, serta menurunkan kadar asam urat yang ada dalam aliran darah.

3. Jus Nanas
Buah nanas memiliki banyak manfaat bagi pengidap kolesterol. Pertama, buah tersebut kaya akan antioksidan dan zat penurun lemak lain yang bisa mengurangi kadar kolesterol LDL dalam tubuh.

Kedua, nanas mengandung senyawa bernama bromelain yang dapat menghancurkan kolesterol yang menumpuk di pembuluh arteri. Karenanya, rutin mengonsumsi jus nanas dapat mencegah risiko penyakit jantung pada pengidap kolesterol.

Nanas juga tinggi vitamin C. Sebagaimana diketahui, vitamin C memiliki peranan yang sangat penting dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan mencegah terjadinya serangan asam urat.

4. Jus Timun
Timun merupakan salah satu makanan yang dapat menurunkan kolesterol secara alami. Ini karena timun mengandung zat sterol yang dapat mengurangi kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL.

Selain itu, kandungan potasium dan fosforus yang ada dalam jus timun dapat membantu menurunkan asam urat dalam darah. Kedua zat tersebut juga dapat mendetoks dan meningkatkan fungsi organ hati dan ginjal untuk membersihkan racun dari dalam tubuh.

5. Jus Cherry
Buah cherry kaya akan zat antioksidan dan antiperadangan. Menurut sejumlah penelitian, kedua zat tersebut dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dalam tubuh.

Sebab, zat antoksidan dan antiperadangan dapat mengenyahkan radikal bebas dalam tubuh, yang mana menjadi salah satu pemicu timbulnya kolesterol LDL.

Jus cherry juga bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Sebuah studi menyebutkan mengonsumsi setidaknya 10 buah cherry dalam sehari bisa mengurangi risiko asam urat hingga 35 persen.

6. Jus Lemon
Jus penurun kolesterol dan asam urat selanjutnya adalah lemon. Dikutip dari Healthline, lemon memiliki kandungan hesperidin dan diosmin yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, sebuah studi juga mengungkapkan mengonsumsi 24 gram ekstrak lemon atau buah sitrus lainnya setiap hari dalam sebulan dapat mengurangi jumlah total kolesterol dalam darah.

Jus lemon juga bisa membantu menurunkan asam urat dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2015 menemukan orang yang mengonsumsi jus lemon selama 6 minggu mengalami penurunan kadar asam urat yang cukup signifikan.

7. Jus Buah Beri
Buah beri seperti blueberi, blackberi, raspberi, dan stroberi kaya akan zat antioksidan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah melawan radikal bebas yang dapat meningkatkan kolesterol LDL dalam tubuh.

Buah beri-berian juga mengandung serat tinggi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, serat dapat membantu menyerap asam urat berlebih yang ada dalam darah.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Jus Penurun Kolesterol-Asam Urat, Mudah Dibuat dan Enak"