Hagia Sophia

24 December 2023

Youtuber Ini Alami Retak Tengkorak Saat Uji Tembak RPG

Ilustrasi pria dirawat (Foto: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff)

Seorang YouTuber dari Amerika Serikat (AS) bernama Adam Knowles mengalami luka serius di otak saat uji tembak rocket-propelled grenade (RPG). Insiden nahas yang menimpa Adam Knowles itu terjadi pada November, ketika dirinya merekam video untuk kanal Youtube Ballistics High-Speed.

Saat itu, Knowles yang merupakan pensiunan tentara tersebut menaruh RPG-7 di bahunya untuk menunjukkan apa yang akan terjadi pada kepala boneka balistik yang ada di belakangnya. Namun, rencana itu gagal karena RPG-7 meledak saat ditembakkan dan melukai Knowles.

Berdasarkan temuan, Knowles dan temannya mengungkapkan bahwa peluncur tersebut meledak saat booster-nya terlepas dan tekanan keluar dari titik las yang lemah. Dampak dahsyat dari ledakan tersebut merobek helm dan kacamata yang dikenakan Knowles hingga terlepas dari kepalanya, serta menjatuhkannya hingga tak sadarkan diri ke tanah.

Anggota kru yang ikut mengambil video tersebut langsung menghubungi 911. Mereka juga langsung membantu Knowles saat ia terbaring terluka dengan darah mengalir dari pipinya dan lengannya hangus.

"Saya ingat menghitung mundur sampai satu, dan hal berikutnya yang saya tahu saya tergeletak di tanah dan lengan saya seluruhnya hitam," kata Knowles, dikutip dari New York Post.

Kecelakaan tersebut menyebabkan Knowles mengalami retak tengkorak, perdarahan otak, patah rahang, luka bakar tingkat tiga pada setidaknya 10 persen dari tubuhnya. Selain itu, ia juga mengalami luka di wajah dan dada, dan beberapa pecahan peluru yang tertanam di tubuhnya, bersama dengan kerusakan saraf jangka panjang.

Knowles telah menjalani beberapa operasi dan menerima cangkok kulit untuk luka bakarnya. Ia bahkan harus membayar tagihan medis sebesar $300.000 dolar atau setara 4,67 miliar, menurut penggalangan dana online yang dimulai oleh seorang teman.

Lebih dari sebulan kemudian, Knowles mengatakan dia merasa jauh lebih baik tetapi jalan masih panjang untuk pulih sepenuhnya. Meski sempat berpapasan dengan kematian, mantan prajurit yang menjadi YouTuber ini mengatakan dia siap untuk maju dan terus membuat video.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ngeri! YouTuber AS Alami Luka Serius di Otak Saat Uji Tembak RPG"