Hagia Sophia

24 December 2023

Kasus Serangan Jantung yang Berujung Fatal Juga Kerap Terjadi di Kamar Mandi

Ilustrasi. Foto: Jesse Orrico/Unsplash

Tidak jarang kasus serangan jantung dilaporkan terjadi di kamar mandi. Bukan hanya sekali dua kali, kasus serangan jantung berujung fatal terjadi saat berada di kamar mandi.

Serangan jantung akibat henti jantung sebenarnya bisa terjadi di mana saja, termasuk kamar mandi. Hanya saja beberapa aktivitas seperti menggunakan toilet atau mandi bisa memicu terjadinya serangan jantung.

Dikutip dari laman Healthline yang telah ditinjau oleh ahli kardiologi Dr Payal Kohli, MD, FACC, serangan jantung yang terjadi di kamar mandi kerap menimbulkan tantangan tertentu. Kamar mandi cenderung merupakan ruang pribadi, perawatan terkadang bisa tertunda jika seseorang memerlukan bantuan saat berada di sana.

Penyebab serangan jantung di kamar mandi

Serangan jantung akibat henti jantung terjadi ketika jantung mengalami kerusakan listrik. Hal ini menyebabkan detak jantung tidak teratur. Beberapa penyebab serangan jantung juga kerap terjadi di kamar mandi adalah karena aktivitas berikut ini memberi stres pada tubuh, yaitu:

1. Menggunakan toilet
Saat buang air besar, seseorang mungkin merasa tegang atau memaksakan diri untuk mengejan. Hal ini bukan hal yang luar biasa, namun dapat memberikan tekanan pada jantung. Jika fungsi jantung sudah terganggu, hal ini bisa menjadi pemicu serangan jantung mendadak.

Pergi ke kamar mandi juga bisa memicu sesuatu yang disebut respons vasovagal. Menggunakan kamar mandi memberi tekanan pada saraf vagus, yang terkadang dapat memperlambat detak jantung.

2. Obat-obatan
Overdosis obat dalam beberapa kasus dapat menyebabkan serangan jantung mendadak. Jika seseorang menyimpan obat di lemari kamar mandi, hal ini dapat meningkatkan risiko mengalami serangan jantung di kamar mandi.

Overdosis obat-obatan terlarang juga mungkin dapat menyebabkan serangan jantung. Jika obat-obatan tersebut digunakan di dalam atau sebelum masuk kamar mandi, hal ini dapat menjadi penyebab serangan jantung yang terjadi saat berada di dalam kamar mandi.

Serangan jantung adalah kondisi yang mengancam jiwa dan memerlukan penanganan segera. Saat hal tersebut terjadi, organ tubuh tidak menerima oksigen karena jantung tidak memompa darah ke seluruh tubuh.

Penting untuk memberi tahu seseorang jika berada di kamar mandi dan mulai mengalami:
  • Nyeri dada
  • Sesak napas secara tiba-tiba
  • Pusing
  • Muntah
  • Sulit bernapas



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kenapa Kasus Serangan Jantung Sering Terjadi di Kamar Mandi?"