Hagia Sophia

24 December 2023

Gejala Sakit Jantung Juga Bisa Ditunjukan dengan Kaki dan Tangan Dingin

Ilustrasi. Foto: Shutterstock/

Banyak orang memandang serangan jantung sebagai momok mengerikan. Tak heran, sebab 'silent killer' ini kerap datang secara mendadak tanpa memunculkan gejala yang terdeteksi lebih dulu. Walhasil, pasien pun tak sempat beroleh penanganan medis yang tepat sedini mungkin.

Namun di samping itu, sebenarnya ada sejumlah tanda serangan jantung yang bisa dikenali. Di samping nyeri dada yang mungkin sudah lebih diketahui banyak orang, salah satu gejala sakit jantung lainnya yakni tangan dan kaki yang dingin. Seperti apa?

Pada beberapa kasus, orang yang mengidap penyakit jantung koroner (PJK) mengalami gejala berupa nyeri, mati rasa, lemas, dan dingin di bagian kaki atau lengan. Pasalnya, ada penyempitan pembuluh darah di bagian tubuh tersebut.

Di samping itu, tanda-tanda PJK lainnya bisa berupa:
  • Nyeri dada, sesak dada, tekanan dada dan rasa tidak nyaman di dada (angina)
  • Sesak napas
  • Nyeri pada leher, rahang, tenggorokan, daerah perut bagian atas atau punggung.
"Gejala penyakit arteri koroner mungkin berbeda pada pria dan wanita," dikutip dari laman Mayo Clinic. Juga disebutkannya, setiap orang bisa mengalami tanda serangan jantung yang berbeda. Gejala umum serangan jantung pada pria dan wanita pun seringkali berbeda.

"Misalnya, laki-laki lebih mungkin mengalami nyeri dada. Wanita lebih mungkin mengalami gejala lain selain ketidaknyamanan dada, seperti sesak napas, mual, dan kelelahan ekstrem."



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kaki-Tangan Dingin dan Mati Rasa Bisa Jadi Gejala Serangan Jantung"