Hagia Sophia

16 December 2023

Kenapa Ammar Zoni Tetap Pakai Narkoba Meski Sudah Rehab?

Ammar Zoni kembali ditangkap atas kasus penyalahgunaan narkoba. (Foto: Febri/detikHOT)

Artis Ammar Zoni kembali ditangkap pihak kepolisian karena kasus penyalahgunaan narkoba. Hasil tes menunjukkan bahwa Ammar positif menggunakan ganja dan sabu. Ini merupakan penangkapan ketiga dari sang aktor akibat kasus penyalahgunaan narkoba.

Ammar pertama kali ditangkap karena kasus narkoba di tahun 2017. Saat itu ia terbukti positif menggunakan ganja. Selanjutnya pada Maret 2023 ia kembali ditangkap pihak kepolisian karena positif menggunakan narkoba jenis sabu.

Terlepas dari kejadian yang dialami oleh Ammar, Pakar farmasi Universitas Gadjah Mada Prof Zullies Ikawati menjelaskan bahwa kemungkinan seseorang untuk kembali menggunakan narkoba atau relapse cukup besar. Hal ini diakibatkan oleh efek ketergantungan dan ketagihan yang ditimbulkan dari zat-zat obat terlarang.

"Pada dasarnya narkoba itu menyebabkan adiksi atau ketagihan, karena pada saat orang menggunakan narkoba akan memicu pelepasan dopamin yang mengaktifkan sistem reward di otak yang menyebabkan rasa senang dan keinginan untuk mengulang kembali," ucap Prof Zullies ketika dihubungi detikcom, Kamis (15/12/2023).

Prof Zullies mengatakan jika seseorang menggunakan narkoba secara berulang, maka otak akan beradaptasi dengan kondisi dopamin tinggi. Ketika hal itu dihentikan, maka pasien akan mengalami craving atau ketagihan sehingga ia kembali mencoba narkoba.

"Oleh karena itu orang-orang yang sudah pernah kena kasus narkoba, harus benar-benar bisa memutus semua kemungkinan dan circle untuk mendapatkan narkoba itu, supaya tidak relaps dan ingin mengulang kembali," jelasnya.

Sebagai contoh ia menjelaskan bagaimana efek ganja dapat menyebabkan ketergantungan pada penggunanya. Prof Zullies menuturkan ganja dapat memberi efek pada sistem saraf pusat sehingga menyebabkan euforia dan ketergantungan.

Kondisi ini memicu penggunaan narkoba jenis lain untuk mendapatkan efek yang serupa.

"Banyak pengguna ganja menganggap bahwa efek ketergantungan ganja tidaklah sebesar narkoba lain, tetapi penggunaan ganja bisa menjadi pintu masuk bagi penggunaan drugs yang lain. Biasanya mereka akan memerlukan dosis yang makin meningkat dari sebelumnya, atau jenis lain, untuk mendapatkan efek yang sama," pungkasnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dialami Ammar Zoni, Kenapa Orang Tetap Pakai Narkoba Meski Sudah Rehab?"