Hagia Sophia

23 December 2023

Ini Prakiraan Cuaca di Indonesia Jelang Nataru 2023

BMKG Ungkap Prakiraan Cuaca Jelang Nataru 2023, Berpotensi Hujan. Foto: Getty Images/iStockphoto/JuSun

Menjelang perayaan dan libur Natal dan Tahun Baru 2023/2024 (Nataru), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengungkapkan prakiraan cuaca di sejumlah wilayah Indonesia.

Melalui acara virtual bertajuk 'Prediksi Cuaca dan Antisipasi Bencana Jelang Nataru', Jumat (22/12/2023) di Jakarta, Deputi Bidang Meteorologi Guswanto, MSI mengatakan bahwa BMKG telah melakukan prospek cuaca saat Nataru

"Prakiraan cuaca dan iklim saat Nataru kami juga melakukan proses cuaca. Kalau kita lihat tanggal 19-24 Desember ini potensi hujan lebat masih terjadi di Aceh, Sumatra Utara, Pulau Bangka Belitung, Papua," Jelas Guswanto.

Lebih lanjut ia menjelaskan pada tanggal 25 Desember sampai 1 Januari 2024 cuaca hujan lebat terjadi di Sumatra Barat, Riau, Jawa Tengah, Jawa Timur. Sedangkan untuk kondisi hujan sedang masih terjadi di wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Sementara itu, Guswanto turut membagikan skema dengan wilayah yang memiliki potensi cuaca ekstrem rendah saat waktu libur Nataru. Area berwarna hijau (lihat gambar di bawah) mulai tanggal 19-24 Desember dan 25-1 Januari memiliki potensi cuaca ekstrem cukup rendah.

Skema Prakiraan Cuaca BMKG Jelang Nataru 2023/2024. Foto: Screenshot/Zoom


"Bahkan kalau kita lihat sudah ada 5 hari tanpa hujan ada juga 10 hari tanpa hujan. Inilah prospek cuaca yang nanti diperkirakan BMKG pada saat Nataru," terangnya.

Selain itu, Guswanto juga mengungkapkan berdasarkan perkembangan musim saat ini, sekitar 42% wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan dari bulan Desember, Januari hingga Febuari, dengan puncaknya akan terjadi pada Januari dan Februari 2024 sekitar 50% masuk zona musim hujan.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "BMKG Ungkap Prakiraan Cuaca Jelang Nataru 2023, Berpotensi Hujan"