Hagia Sophia

20 January 2024

Siapapun Presidennya, Gakeslab Minta Agar Produksi Alkes Dalam Negeri Ditingkatkan

Potret alat kesehatan dalam negeri. (Foto: Rachman_punyaFOTO)

Ketua Umum Gakeslab Indonesia Rd Kartono Dwidjosewojo meminta siapapun calon presiden dan wakil presiden yang terpilih nantinya untuk meningkatkan kemudahan produksi alat kesehatan dalam negeri. Mengingat, alkes impor saat ini angkanya relatif masih tinggi yakni di kisaran 80 persen.

Menurutnya, untuk mencapai ketahanan alat kesehatan suatu negara minimal sudah mampu memproduksi 60 persen dari alkes yang tersedia. Berkaca pada pandemi COVID-19, minimnya produksi alkes mandiri berdampak pada penanganan wabah.

"Tentunya titipan kami siapapun pemenangnya utamakan produksi dalam negeri, dari 3 cawapres tersebut selalu membicarakan mengenai kesehatan. Bagaimana kita mau maju kalau kita sendiri tidak dapat memproduksi dalam negeri, untuk lebih baik lagi," beber Kartono saat ditemui detikcom di sela pelantikan Pengurus Gakeslab DKI Periode 2023-2025 di Mercure Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (18/1/2024).

"Karena kalau kita terus menerus membeli dari impor, kita tidak akan mungkin bisa bertahan. Karena seluruh dunia saat ini, seperti contoh kemarin, waktu ada COVID-19, kita setiap negara memproduksi untuk dirinya sendiri, baru setelah mereka dalam negerinya terpenuhi, akan ekspor, kita tidak mau itu terulang lagi," sorotnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Produksi dan Distribusi Alat Kesehatan Dede Mulyadi mengungkap pemerintah akan membantu kerja sama bersama para produsen untuk menekan ketergantungan negara dengan impor alkes.

Dirinya bahkan berpesan kepada produsen agar langsung melapor jika ditemukan kebutuhan gratifikasi yang bisa menghambat perizinan. Pihaknya menegaskan akan melakukan tindakan tegas.

"Gratifikasi layanan di perizinan kan selalu kalau istilahnya seperti 'nggak ada itunya', ya nggak jalan, ini saya mohon bisa menjadi whistleblower. Bila dari staf kami atau siapapun yang sekiranya mempersulit dalam konteks memanfaatkan situasi untuk kepentingan pribadi, saya sangat berterima kasih jika ada laporan seperti itu," tegasnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Gakeslab Minta Capres-Cawapres Terpilih Tingkatkan Produksi Alkes Dalam Negeri"