Hagia Sophia

20 January 2024

Mungkinkah Diet tapi Tetap Makan Nasi?

Aturan makan nasi saat diet. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Amarita)

Saat menjalani program diet, sebagian orang mungkin sangat menghindari nasi dalam menu makanannya. Banyak yang beranggapan bahwa tidak mengkonsumsi nasi bisa mempercepat proses penurunan berat badan.

Nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat utama bagi masyarakat Indonesia. Karbohidrat ini berfungsi sebagai sumber energi tubuh agar bisa menjalankan rutinitas sehari-hari.

Kira-kira masih bisa nggak sih diet tapi tetap makan nasi?

Menurut spesialis gizi klinik di Primaya Hospital Bekasi Barat, dr Davie Muhamad, SpGK, makan nasi saat diet itu masih diperbolehkan. Karbohidrat yang ada pada nasi adalah sumber energi tubuh, terutama untuk otak.

"Jadi, nasi masih nggak masalah asal porsinya disesuaikan, tergantung tiap orang. Karena setiap orang itu kebutuhan kalorinya berbeda-berbeda," tutur dr Davie pada detikcom, Kamis (18/1/2024).

Utamakan Defisit Kalori

Meski diperbolehkan makan nasi, prinsip utama dalam menurunkan berat badan adalah defisit kalori. Jika misalnya seseorang kebutuhan kalorinya 1.500 kalori per hari, bisa dikurangi secara perlahan menjadi 1.300 kalori dan seterusnya.

dr Davie tidak menyalahkan tips diet viral yang hanya menyarankan makan satu kali sehari, dengan menu sarapan minuman shake dan makan malam buah-buahan. Namun, lebih baik terapkan pola diet yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

"Jadi lebih baik mencoba diet gizi seimbang yang sederhana, makannya tiga kali sehari, dan masih mengenyangkan. Karena kalau diet itu kita nggak boleh yang namanya kelaparan, nanti jadinya malnutrisi," tegasnya.

Pola Diet dengan Tetap Makan Nasi

"Kita ambil contoh, misalnya 1 hari diberikan 1.500 kalori. Itu nanti dibagi untuk tiga kali makan, dan dua kali selingan," kata dr Davie.

Selain karbohidratnya, asupan lain seperti protein dan serat juga harus diperhatikan. Protein dibutuhkan untuk mempertahankan massa otot, sedangkan serat sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Berikut pola diet dengan tetap makan nasi pagi, siang, dan malam:
  • Karbohidrat, seperti nasi setengah porsi (setengah centong nasi atau 5-6 sendok makan)
  • Protein, bisa ayam atau ikan dengan ukuran setengah telapak tangan 2 potong, bisa juga diganti dua butir telur (bisa dikombinasikan)
  • Lauk nabati, seperti tahu atau tempe sebanyak satu potong atau sekitar 50 gram
  • Serat, seperti sayur-mayur yang bervariasi sebanyak satu piring kecil atau mangkuk sedang penuh
"Perlu diingat, dalam satu piring disarankan minim yang digoreng. Karena lemak atau yang digoreng-goreng itu tinggi kalori. Jadi, kalau dari saya boleh saja ada yang digoreng tapi nggak semuanya," ujar dr Davie.

"Nanti selingannya utamanya buah-buahan bervariasi, tinggi serat, untuk membantu mengontrol rasa lapar kita. Ini biasanya dua jam setelah makan pagi (sekitar jam 10) dan jam 3 sore," jelasnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Diet Masih Makan Nasi? Nggak Masalah! Bisa Kok Turun BB, Asalkan..."