Hagia Sophia

13 February 2024

Tips untuk Atasi Asam Lambung Naik dengan Cepat

Cara mengatasi asam lambung naik dengan cepat. (Foto ilustrasi: shutterstock)

Penyakit asam lambung merupakan sebuah kondisi ketika kadar cairan asam klorida (HCl) dalam lambung terlalu tinggi. Normalnya, cairan itu berfungsi untuk membantu proses pencernaan makanan. Namun jika jumlahnya terlalu tinggi, maka dapat menimbulkan gangguan seperti acid reflux atau GERD (gastroesophageal reflux disease). Kondisi itulah yang oleh orang awam sering disebut sebagai penyakit asam lambung.

Penyakit asam lambung umumnya dapat kambuh dan memicu rasa tidak nyaman. Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai hal, seperti kebiasaan pola makan. Terkadang, penyakit asam lambung juga bisa dipicu kondisi stres dan kecemasan. Namun, ini perlu ada pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui kondisinya.

Umumnya, orang yang mengalami penyakit asam lambung akan mengobatinya dengan minum obat. Ternyata, ada beberapa cara yang bisa menyembuhkan asam lambung dengan cara yang cepat dan alami.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit asam lambung dengan cepat:

1. Duduk tegak
Duduk dengan posisi membungkuk atau berbaring bisa membuat gejala yang dialami bertambah serius. Postur tubuh yang buruk akan memberikan tekanan pada perut, yang bisa memaksa makanan dan asam kembali lain.

Maka dari itu, disarankan untuk tidak langsung berbaring setelah makan. Cobalah tunggu setidaknya 2-3 jam setelah makan untuk bisa berbaring.

2. Tempatkan kepala di posisi yang lebih tinggi
Jika penyakit asam lambung kambuh, bisa gunakan benda untuk menempatkan kepala tempat tidur 10-15 cm lebih tinggi. Letakkan penyanggah di bawah kasur di bagian kepala tempat tidur.

3. Tidur miring
Posisi tidur juga bisa membantu mengatasi asam lambung yang kambuh. Tidur dengan posisi miring dengan kepala yang lebih tinggi bisa membantu menghentikan asam agar tidak naik ke kerongkongan.

4. Pakai pakaian yang longgar
Dikutip dari laman WebMD, ternyata pakaian yang dipakai juga bisa mempengaruhi gejala asam lambung yang muncul. Disarankan untuk menggunakan pakaian yang longgar.

Jika pakaian terlalu ketat, itu bisa menekan perut hingga memicu sakit maag.

5. Berhenti merokok
Asap rokok bisa melemaskan otot yang mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Ini juga dapat meningkatkan jumlah asam lambung yang dihasilkan.

6. Jangan olahraga terlalu berat
Cobalah hindari olahraga berdampak tinggi, seperti berlari. Olahraga yang melakukan gerakan crunch dan pose terbalik dalam yoga juga bisa menyebabkan masalah yang sama. Disarankan untuk memilih olahraga lain, seperti bersepeda atau berenang.

7. Kunyah permen karet
Dikutip dari Harvard Health Publishing, mengunyah permen karet tanpa gula setelah makan bisa mengatasi asam lambung yang naik. Mengunyah permen karet meningkatkan air liur, yang menetralkan asam, menenangkan kerongkongan, dan mengembalikan asam ke lambung. Hindari rasa peppermint, yang dapat memicu sakit maag.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik dengan Cepat, Salah Satunya Ubah Posisi Duduk"