Hagia Sophia

13 February 2024

Agar Tetap Fit Saat Bertugas, Ini yang Harus Diperhatikan Petugas KPPS

istimewa

Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) memberikan imbauan pada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk menjaga kesehatan selama Pemilu 2024. Seperti yang diketahui petugas KPPS memiliki beban pekerjaan yang besar.

Kemenkes membagikan beberapa tips menjaga kesehatan untuk anggota KPPS yang bertugas melalui 4C, yakni cukup tidur, cukup olahraga, cukup makan, dan cukup makan.

"Minimal tidur 6-8 jam. Olahraga bisa dilakukan dengan senam bersama petugas pemilu," ucap pihak Kemenkes melalui media sosial Instagram, Minggu (11/2/2024).

Pihak Kemenkes juga mengimbau petugas KPPS untuk memperbanyak konsumsi makanan bergizi seimbang dan mengandung cukup protein serta karbohidrat. Kurangi mengonsumsi camilan, pastikan konsumsi air putih cukup, serta kurangi konsumsi minuman manis atau minuman berenergi.

Pemenuhan nutrisi selama bertugas menjadi penting, terlebih banyak petugas yang cenderung melewatkan makan selama karena sibuk saat bertugas.

Kondisi kesehatan petugas KPPS memang tengah menjadi sorotan banyak pihak. Pada Pemilu 2019, sebanyak 894 anggota KPPS meninggal dunia dan 5.175 orang lainnya mengalami sakit. Kemenkes berharap kejadian serupa tidak terjadi pada pemilu tahun ini.

Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia Kemenkes dr Nida Rohmawati, MPH sebelumnya sempat mengungkapkan bahwa terdapat beberapa faktor yang membuat angka kematian dan kesakitan petugas KPPS pada pemilu sebelumnya begitu tinggi. Salah satunya adalah banyaknya petugas KPPS yang sudah lansia dan bekerja dalam kondisi tidak sepenuhnya sehat.

"Faktor risiko yang dianalisis dari penyelenggaraan pemilu lalu memang faktor usia. Jadi usia yang sudah lansia, kemudian kebiasaan merokok dan minum alkohol, itu menjadi hasil analisis, jam kerja di atas 20 jam pada saat itu," ucap dr Nida dalam program Kemencast oleh Kemenkes.

"Harus cukup minum, banyak yang meninggal begitu dianalisis mereka mengalami dehidrasi. Minum itu minimal 8 gelas sehari apalagi kerjanya nggak berhenti. Termasuk makan, jangan lupa makan, atau malah tidak disediakan makan, atau cuman sekali disediakannya," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jelang Pemilu, Petugas KPPS Harus Perhatikan Ini Biar Tetap Fit saat Bertugas"