Hagia Sophia

13 February 2024

Diet ala Tiongkok Ini Dipercaya Bisa Turunkan BB Hingga 10 Kg dalam Seminggu

Viral Diet Tiongkok (Foto: Getty Images/Kanur Ismail)

Tren 'Diet Tiongkok' menambah panjang deretan variasi diet yang viral di media sosial. Diet yang tengah menyedot atensi pengguna internet ini diklaim dapat menurunkan berat badan hingga 10 kg dalam waktu kurang dari seminggu.

Diet tersebut berfokus pada pengaturan jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari. Terdengar standar, tapi aturan dalam pola diet tersebut cukup beda daripada yang lain.

Dikutip dari Daily Vanity, berikut aturan program diet ala China yang viral di medsos.

1. Hanya mengonsumsi satu jenis makanan per hari
Hal pertama yang langsung menarik perhatian netizen adalah aturan makan yang diterapkan. Dalam diet tersebut, seseorang hanya diperbolehkan mengonsumsi satu jenis makanan per hari.

Jadi selama menjalani program diet itu, seseorang yang menjalankan diet harus mengonsumsi jenis makanan yang berbeda-beda setiap hari, baik itu protein hewani, buah, maupun sayuran.

2. Jenis makanan yang dikonsumsi
Pada sebuah video yang diunggah di medsos Xiao Hong Shu, platform sejenis Instagram yang populer di China, seorang wanita membagikan makanan yang dikonsumsinya selama menjalani diet. Sebagian besar menunya terdiri dari protein hewani dan serat.

Adapun jenis makanan yang dikonsumsinya antara lain berupa telur, daging, buah-buahan, dan sayuran. Setiap jenis makanan dikonsumsi di hari yang berbeda-beda. Misalnya, hari ini hanya mengonsumsi telur saja, kemudian dilanjutkan dengan mengonsumsi daging saja keesokan hari, dan seterusnya.

3. Satu hari hanya mengonsumsi cairan
Dalam program diet tersebut, ada juga satu hari yang dikhususkan untuk mengonsumsi cairan. Dengan kata lain, di hari tersebut pelaku diet tidak mengonsumsi apapun kecuali minuman.

Minuman yang dianjurkan di antaranya seperti susu, sari kedelai, dan kopi. Sementara, minuman yang tinggi gula seperti bubble tea atau jus buah dihindari.

4. Pantangan buah yang tinggi gula
Tidak semua buah-buahan dapat dikonsumsi oleh orang yang menjalani diet ini. Pasalnya, ada beberapa buah yang perlu dihindari karena mengandung gula yang tinggi, seperti durian, mangga, leci, dan kelengkeng.

Jenis buah yang dianjurkan dalam diet ini antara lain apel, jeruk, bluberi, anggur, delima, dan cherry.

5. Pilihan bahan dan metode memasak
Selain jenis makanan, bahan dan metode memasak pun ikut diperhitungkan. Misalnya, saat mengolah telur. Video tersebut menyarankan agar telur dimasak dengan cara direbus, didadar, atau dikukus.

Jika didadar, minyak yang dipakai pun tidak sembarangan. Jenis minyak yang dianjurkan adalah minyak zaitun atau biji bunga matahari karena dapat menunjang metabolisme dan memperkaya rasa telur.

Selain itu, program diet ini juga menegaskan pentingnya untuk memerhatikan penggunaan bumbu atau dressing untuk menu salad sayuran. Sebab, jika terlalu berlebihan malah dapat memengaruhi proses penurunan berat badan.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Diet Tiongkok, Disebut Bisa Turunkan 10 Kg dalam Seminggu"