Hagia Sophia

13 February 2024

NASA Istirahatkan Helikopternya di Mars, Ini Lokasinya

Foto: NASA

Helikopter NASA yang melayang di Mars, Ingenuity, telah diistirahatkan di sebuah lokasi di permukaan Planet Merah itu. Tempat peristirahatan terakhir Ingenuity, yang dikandangkan setelah penerbangan terakhirnya pada 18 Januari, kini mendapat nama lokasi yang ada di cerita The Lord of The Rings.

"Tim Ingenuity menjuluki tempat di mana helikopter menyelesaikan penerbangan terakhirnya sebagai Valinor Hills, diambil dari nama lokasi fiksi dalam novel fantasi J.R.R. Tolkien, termasuk trilogi 'The Lord of the Rings'," sebut NASA.

Tolkien, penulis asal Inggris, terkenal karena karya fantasinya yang meliputi "Lord of the Rings" (LOTR), "The Hobbit" dan "The Silmarillion". Beberapa cerita Tolkien dijadikan cerita radio, televisi, streaming, dan film, seperti serial film LOTR dan "The Hobbit" yang disutradarai oleh Peter Jackson.

Valinor adalah bagian dari Tanah Kematian, lokasi yang sering dikutip dalam mitologi Tolkien. Referensi yang paling banyak dikutip tentang pulau-pulau tersebut terdapat di akhir LOTR. Para elf memberikan perlindungan kepada beberapa karakter utama di sana.

Ingenuity telah melakukan 72 penerbangan sejak mendarat di permukaan Mars bersama robot pendampingnya, Perseverance, pada 18 Februari 2021. Penerbangannya terhenti pada 18 Januari. Insinyur NASA melihat ada kerusakan pada bilahnya, sehingga tidak dapat terbang lagi.

Namun Ingenuity dalam kondisi sehat dan masih dapat mengirimkan data teknis ke Perseverance selama robot itu tetap berada dalam jangkauan. Perseverance akan terus mengumpulkan sampel untuk misi pengembalian sampel (MSR) Mars pada tahun 2030-an. Artinya cepat atau lambat, ia akan menjauh dari Ingenuity.

NASA berencana terus mengerahkan wahana terbang pada misi masa depan, namun mungkin ada kendala dana. Laboratorium Propulsi Jet NASA, yang mengelola Ingenuity dan MSR, memangkas 8% tenaga kerjanya minggu ini karena ketidakpastian Kongres mengenai anggaran.



























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Ini Lokasi Peristirahatan Terakhir Helikopter NASA di Mars"