Hagia Sophia

13 February 2024

Beberapa Minuman Ini Ampuh Turunkan Asam Urat dan Gampang Dibuat

Sederet minuman penurun kadar asam urat (Foto: Getty Images/iStockphoto/Boyloso)

Ada beragam cara untuk menjaga kadar asam urat dalam tubuh tetap stabil. Salah satunya dengan mengonsumsi minuman penurun asam urat.

Asam urat (uric acid) adalah senyawa yang diproduksi tubuh ketika memproses purin. Normalnya, zat limbah ini akan dikeluarkan dari dalam tubuh bersama dengan urine.

Tapi jika jumlahnya terlalu tinggi, zat asam urat dapat membentuk dan membentuk kristal yang padat di persendian atau jaringan sekitarnya sehingga memicu bengkak, nyeri, dan peradangan. Kondisi ini dikenal dengan istilah gout, tapi orang awam kerap menyebutnya sebagai penyakit asam urat.

Tingginya kadar asam urat dalam tubuh dapat disebabkan sejumlah faktor. Salah satu yang paling utama adalah kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi purin, seperti daging, jeroan, seafood, dan lain sebagainya. Karenanya, penting untuk memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari agar kadar asam urat tidak meningkat drastis.

Asam urat tinggi juga bisa diturunkan dengan beberapa cara, salah satunya dengan mengonsumsi minuman penurun asam urat. Apa saja minumannya? Dikutip dari berbagai sumber, berikut minuman penurun asam urat yang praktis dan mudah untuk dibuat.

1. Air Lemon
Memperbanyak asupan cairan merupakan salah satu cara untuk mengurangi bengkak dan peradangan yang disebabkan oleh asam urat tinggi. Salah satu minuman yang paling dianjurkan adalah air dengan perasan lemon.

Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, air lemon juga mengandung vitamin C yang dapat membantu menetralisir kadar asam urat dalam tubuh. Cukup tambahkan air perasan lemon ke dalam segelas air putih, kemudian minum. Konsumsi ramuan ini setiap hari untuk menurunkan kadar asam urat yang menumpuk dalam tubuh.

2. Jus Ceri
Selain lemon, ceri juga menjadi salah satu buah yang diyakini dapat mencegah gout kambuh. Hal tersebut lantaran ceri mengandung antioksidan bernama anthocyanin yang dapat membantu mengatasi sekaligus meredakan peradangan akibat asam urat tinggi.

Sebuah studi mengungkapkan mengonsumsi jus ceri selama dua hari dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara signifikan.

3. Air Jahe
Jahe adalah tanaman herbal yang kerap dimanfaatkan sebagai obat alami untuk berbagai jenis penyakit, salah satunya gout. Ini karena jahe mengandung zat antioksidan yang tidak hanya mengatasi peradangan, tapi juga meredakan bengkak dan nyeri akibat gout.

Membuat air jahe untuk pun tidaklah sulit. Cukup tambahkan irisan jahe sekitar 2,5 cm ke dalam air, diamkan selama 5-10 menit, kemudian minum. Konsumsi ramuan ini secara rutin untuk menghilangkan kadar asam urat yang menumpuk dalam tubuh.

4. Teh Hijau
Sebagian orang mungkin sudah sering mendengar khasiat teh hijau untuk kesehatan, termasuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Ethnopharmacology mengungkapkan kandungan polifenol pada teh hijau dapat menurunkan kadar asam urat dengan cara mengurangi produksi senyawa tersebut dalam tubuh, serta meningkatkan jumlah zat asam urat yang dikeluarkan bersama dengan urine.

Selain itu, kandungan antioksidan pada teh hijau juga bisa membantu meredakan peradangan yang dipicu oleh gout.

5. Kopi
Tak hanya memberi energi, kopi juga termasuk minuman yang dapat membantu mengatasi penyakit asam urat atau gout. Sejumlah penelitian mengungkapkan, mengonsumsi kopi dengan susu rendah lemak dan tanpa gula dapat mengurangi risiko serangan gout.

Namun, tidak semua orang cocok mengonsumsi kopi sebagai minuman penurun asam urat. Karenanya, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba metode ini.

6. Jus Timun
Timun juga dapat diolah menjadi minuman jus untuk menurunkan kelebihan asam urat dalam tubuh. Dikutip dari Times of India, ramuan jus timun dan air jeruk nipis dapat membantu membersihkan hati dan ginjal, serta mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Kandungan kalium (potasium) dan fosfor pada timun juga dapat mendetoks ginjal serta meningkatkan fungsi organ tersebut dalam menyaring dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Minuman Penurun Asam Urat, Enak dan Gampang Dibuat"