Hagia Sophia

13 March 2024

Beberapa Tips untuk Atasi Asam Lambung, Bisa dengan Kunyah Permen Karet

Ilustrasi asam lambung naik. (Foto: shutterstock)

Penyakit asam lambung adalah salah satu kondisi yang dialami banyak orang. Bahkan, tidak sedikit orang yang mengalami penyakit ini lebih dari sekali sepanjang hidupnya.

Asam lambung sendiri sebenarnya bukan sebuah penyakit, melainkan sejenis cairan asam yang normalnya diproduksi oleh lapisan lambung. Dikutip dari Healthline, cairan asam lambung berwujud encer dan tidak berwarna, serta berfungsi untuk memecah makanan agar lebih mudah dicerna. Cairan asam yang diproduksi lambung itu dikenal juga dengan nama asam klorida (HCl).

Produksi cairan asam lambung yang berlebihan dapat menimbulkan gangguan seperti acid reflux maupun GERD (gastroesophageal reflux disease). Kondisi inilah yang oleh orang awam kerap disebut penyakit asam lambung atau asam lambung naik.

Selain dengan obat-obatan, ada pula beragam cara alami untuk mengatasi asam lambung yang bisa dilakukan dengan mudah. Dikutip dari berbagai sumber, berikut pembahasannya.

1. Duduk Tegak
Postur duduk dapat memengaruhi gejala GERD yang dirasakan. Misalnya, posisi duduk yang membungkuk dapat membuat gejala yang dialami bertambah serius.

Sebaliknya, duduk dengan posisi tegap dan rileks dapat mengurangi tekanan pada sfingter esofagus, yaitu katup yang mencegah cairan asam dan makanan naik kembali ke kerongkongan.

2. Melonggarkan Pakaian
Pakaian yang terlalu ketat dapat memberikan tekanan yang memperparah gejala GERD. Oleh karena itu, cobalah untuk melonggarkan pakaian atau mengganti pakaian dengan yang lebih longgar. Cara ini juga dapat mengurangi rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh asam lambung naik.

3. Meninggikan Posisi Kepala
Ketika gejala GERD kambuh, cobalah untuk berbaring sambil meninggikan kepala 15-20 cm untuk mencegah cairan asam naik ke kerongkongan. Selain dengan meninggikan posisi bantal, Anda juga bisa menggunakan bantal wedge atau bantal berbentuk segitiga agar lebih nyaman.

4. Mengonsumsi Madu atau Jahe
Madu dan jahe merupakan dua bahan alami yang kerap dimanfaatkan untuk meredakan gejala GERD. Madu dapat melindungi dinding esofagus dari iritasi akibat asam lambung naik, sehingga mengurangi risiko peradangan.

Di sisi lain, jahe mengandung antioksidan dan senyawa kimia lain yang dapat meredakan peradangan dan mencegah cairan asam dari lambung naik ke kerongkongan.

5. Mengunyah Permen Karet
Percaya atau tidak, mengunyah permen karet dapat menjadi salah satu langkah pertama untuk mengatasi asam lambung naik. Mengunyah permen karet dapat meningkatkan produksi air liur yang mampu menetralkan asam. Hal inilah yang kemudian membantu menenangkan kerongkongan dan mengembalikan asam kembali ke lambung.

Tapi perlu diingat, kunyahlah permen karet yang bebas gula dan tidak mengandung pemanis lainnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Cara Mudah Atasi Asam Lambung Naik, Salah Satunya dengan Kunyah Permen Karet"