Hagia Sophia

13 March 2024

Tips Agar Awet Kenyang Saat Puasa dan Tidak Gampang Lapar

Tips sahur awet kenyang (Foto: Getty Images/chee gin tan)

Puasa hari pertama, menu sahur mungkin masih coba-coba. Buat yang ingin awet kenyang dan nggak gampang lemas sampai waktunya berbuka, ada tips nih dari dokter gizi.

Dokter gizi dari Alia Hospital, Dr dr Nurul Ratna Mutu Manikam M.Gizi, SpGK (K), mengatakan pada dasarnya sahur tak ubahnya seperti sarapan. Supaya tidak cepat lapar lagi, menu yang disantap harus menu dengan kandungan nutrisi lengkap.

"Pertama harus konsumsi karbohidrat dalam jumlah yang cukup," kata dr Nurul dalam perbincangan dengan detikcom, Jumat (8/3/2024).

Saran dr Nurul, pilihan karbohidrat sebagai makanan pokok sebaiknya karbohidrat kompleks yang kandungan seratnya lebih tinggi. Misalnya jagung, kentang, ubi, dan singkong. Jika ingin mengganti karbohidratnya dengan roti, sebaiknya roti gandum.

"Serat itu akan menyebabkan lambung kita itu kenyangnya tahan lama jadi tidak mudah lapar," jelas dr Nurul.

Selain karbohidrat, protein juga tidak kalah penting agar tidak cepat lapar saat berpuasa seharian. Kebutuhan protein dipenuhi dari lauk pauk, baik yang berasal dari sumber hewani maupun nabati.

"Kenapa kok harus ada lauk? Karena protein itu bisa mengeluarkan hormon di dalam tubuh yang efeknya itu kita jadi kenyangnya lebih tahan lama," bebernya.

Terakhir, dr Nurul mengingatkan untuk selalu menjaga hidrasi dengan minum sekurangnya 750-1.000 mL air pada pagi hari hingga menjelang imsak. Dimulai dari segelas air saat bangun tidur, hingga selesai makan sahur.

"Lemes itu tidak cuma karena lapar tapi bisa juga karena kekurangan cairan," tandas dr Nurul.

Sementara itu, dr Putri Sakti, SpGK mengatakan ada risiko pencernaan kaget jika puasa tidak disiapkan dengan baik. Perubahan 'jendela makan' saat puasa akan berdampak pada metabolisme tubuh jika tidak dibiasakan sebelumnya.

"Sebaiknya dari sebelum puasa, seminggu sebelumnya mulai beradaptasi," saran dr Putri.

Ada banyak cara untuk melakukan adaptasi, di antaranya menjalankan puasa Senin-Kamis dan semacamnya. Bisa juga dengan mulai mengurangi porsi, mengatur ritme makan dari yang sebelumnya berantakan menjadi lebih tertib sebelum masuk bulan puasa.

"Harapannya ketika puasa pencernaan kita nggak kaget, kontrol gula darah juga lebih stabil," jelas dr Putri.

Hal yang sama juga disarankan pada pengidap gangguan asam lambung. Memperbaiki pola makan hingga menghindari pemicunya sejak sebelum puasa, akan membantu proses adaptasi sehingga puasa bisa berjalan lancar.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tips Sahur 'Awet Kenyang' Menurut Dokter Gizi, Wajib Tahu Biar Nggak Lemes"