Hagia Sophia

13 March 2024

Walau Sudah Sikat Gigi, Ini yang Membuat Mulut Bau Saat Puasa

ilustrasi mulut bau (Foto: iStock)

Memasuki bulan Ramadan, seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Selain karena dapat lebih memaksimalkan ibadah dan pahala yang dilipatgandakan, puasa juga memberikan kesehatan pada tubuh, termasuk mengontrol kadar gula darah.

Meski begitu, tak sedikit orang yang merasa kurang percaya diri dengan bau mulut yang muncul saat berpuasa walaupun sudah sikat gigi. Apa sih penyebabnya?

Spesialis penyakit mulut, drg Ratna Kumala Indrastiti, SpPM Subsp Inf (K) menjelaskan saat berpuasa produksi air liur berkurang karena asupan makan dan minuman yang kurang.

Kurangnya produksi air liur menyebabkan perkembangan bakteri yang dapat menghasilkan gas sehingga memicu bau mulut.

"Kebiasaan merokok serta makan-makanan yang berbau menyengat juga menyebabkan bau mulut yang sukar untuk hilang selama puasa," ucapnya saat dihubungi detikcom, Selasa (12//3/2024).

Selain kebiasaan merokok dan mengonsumsi makanan yang berbau, dr Ratna mengatakan kondisi gigi berlubang, karang gigi, dan gigi geraham bungu yang impaksi atau sariawan yang belum ditangani juga dapat menyebabkan bau mulut.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sudah Sikat Gigi, Tapi Tetap Bau Mulut saat Puasa? Dokter Ungkap Penyebabnya"