Hagia Sophia

02 March 2024

Berbagai Jenis Buah yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Ilustrasi buah penambah sistem imun tubuh. (Foto: iStock)

Sistem imun berperan penting dalam menunjang kesehatan tubuh. Jika sistem imun tubuh buruk, maka berbagai infeksi dan penyakit pun rentan menyerang.

Ada berbagai cara untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi buah untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Lantas, apa kriteria buah yang dapat meningkatkan imun tubuh?

Tentunya buah yang kaya akan nutrisi, terutama vitamin C dan antioksidan lain yang berperan penting dalam pembentukan sistem imun tubuh.

Buah Peningkat Imun Tubuh

Pertanyaannya sekarang, apa saja sih jenis buah yang paling cocok dikonsumsi untuk meningkatkan imun tubuh? Dikutip dari berbagai sumber, berikut daftar buah penambah sistem imun tubuh.

1. Buah sitrus
Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu nutrisi penting untuk membangun imun tubuh adalah vitamin C. Nah, salah satu sumber vitamin C terbaik berasal dari buah sitrus.

Dikutip dari Healthline, vitamin C dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang bertugas melawan infeksi zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Idealnya, pria disarankan untuk mengonsumsi sekitar 90 miligram (mg) vitamin C per hari, sedangkan wanita dianjurkan mengonsumsi 75 mg.

Adapun jenis buah sitrus antara lain seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, grapefruit, dan lain sebagainya.

2. Blueberi
Buah penambah sistem imun tubuh lainnya adalah blueberi. Blueberi mengandung flavonoid bernama anthocyanin, yaitu semacam antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Sebuah studi pada 2016 juga menemukan flavonoid memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem imun saluran pernapasan. Karena itu, orang yang rutin mengonsumsi blueberi memiliki risiko lebih kecil terkena infeksi saluran pernapasan dan flu.

3. Jambu biji
Jambu biji termasuk buah penambah sistem imun tubuh lantaran mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Tak hanya itu, jambu biji juga kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh dari dampak radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.

4. Delima
Buah untuk meningkatkan imun tubuh selanjutnya adalah delima. Meski ukurannya kecil, delima memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C tinggi yang tidak hanya meningkatkan imun tubuh, tapi juga melindungi tubuh dari peradangan dan stres oksidatif.

5. Pepaya
Satu buah pepaya berukuran kecil memiliki kandungan vitamin C yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian. Selain itu, pepaya juga mengandung enzim pencernaan bernama papain yang memiliki sifat antiperadangan.

Pepaya juga mengandung kalium (potasium), magnesium, dan folat yang dapat menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan.

6. Kiwi
Sama halnya seperti pepaya, kiwi juga mengandung nutrisi esensial yang penting untuk kesehatan tubuh, termasuk di antaranya folat, kalium, vitamin K, dan vitamin C.

Vitamin C dapat mendukung sel darah putih dalam memerangi infeksi. Sementara itu, nutrisi penting lain yang terkandung dalam kiwi membantu memastikan organ tubuh lain dapat berfungsi dengan baik.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Buah untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh, Lezat dan Mudah Didapat"