Hagia Sophia

02 March 2024

Konsumsi Kopi Bisa Turunkan Kadar Gula Dalam Darah, Benarkah?

Foto: Ilustrasi iStock

Kopi menjadi minuman yang dipilih banyak orang untuk menghindari rasa kantuk dan lebih semangat menjalani aktivitas. Selain itu, kopi juga disebut bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.

Kafein yang ada di dalam kopi bisa mempercepat sistem saraf pusat dan meningkatkan kewaspadaan mental, menghilangkan rasa lelah, dan meningkatkan konsentrasi. Minuman ini juga disebut bisa menurunkan kadar gula darah. Benarkah begitu?

Dikutip dari laman Mayo Clinic, kopi tidak memberikan pengaruh yang signifikan pada kadar gula darah. Khususnya pada orang-orang dengan kondisi sehat.

Selain itu, pada orang dewasa yang sehat mengkonsumsi hingga 400 mg kafein masih tergolong aman. Pada beberapa penelitian juga membuktikan, pada orang yang sehat, rutin minum kopi bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Salah satu kandungan yang ada pada kopi adalah polifenol. Meski alasannya belum jelas, polifenol dipercaya bisa membantu tubuh terhindar dari masalah kesehatan yang serius, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, hingga kanker.

Dikutip dari laman Medical News Today, polifenol pada kopi adalah salah satu antioksidan yang baik untuk kesehatan. Selain itu, kopi juga memiliki kandungan magnesium dan kromium yang bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Dari penelitian menunjukkan minum kopi lebih dari satu gelas selama empat tahun, terbukti bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 sampai 11 persen. Namun, pada orang yang mengurangi konsumsi kopi sebanyak satu gelas per hari memiliki risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi hingga 17 persen.

Lalu, seperti apa efek kopi pada orang dengan diabetes?

Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan manfaat baik dari kopi. Salah satunya pada orang dengan diabetes.

Pasalnya, kandungan kafein yang ada pada kopi bisa memberikan dampak negatif pada tubuh. Itu akan berpengaruh pada sensitivitas insulin, sehingga bisa memicu penurunan atau kenaikan kadar gula darah pada orang dengan diabetes.

Meski begitu, kondisi ini bisa terjadi karena hal-hal tertentu. Pada beberapa orang dengan diabetes, mereka yang mengonsumsi 200 mg kafein atau setara dengan 240 ml kopi hitam yang bisa mengalami kondisi ini.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Benarkah Kopi Bisa Turunkan Kadar Gula Darah? Begini Faktanya"