Hagia Sophia

02 March 2024

Usai Kerokan Badan Terasa Enakan? Ini Penjelasan Pakar Kesehatan

Cuaca tidak menentu bikin gampang masuk angin (Foto: Ari Saputra)

Di tengah cuaca yang tidak menentu, banyak orang mengeluh masuk angin. Kebiasaan kerokan saat perut terasa begah dan kembung terbukti bikin badan terasa enakan.

"Yang saya rasa, mungkin dengan kerokan vena-venanya melebar, kan dibuka ya. Dibuat jadi badannya anget, jadi lebih rileks," kata konsultan pencernaan dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dr Muhamad Yugo Hario Sakti Dua, SpPD-KGEH, dalam perbincangan dengan detikcom baru-baru ini.

"Dengan keadaan lebih rileks, otot-ototnya lebih regang, gejalanya membaik," tambahnya.

Namun demikian, dr Hario mengingatkan bawha keluhan di pencernaan terkadang tidak serta merta hilang hanya dengan kerokan. Begah dan kembung yang membaik dengan kerokan umumnya adalah gangguan pencernaan yang dipicu oleh stressor, baik stres fisik maupun mental.

Kerokan biasanya tidak banyak membantu jika keluhan di pencernaan muncul akibat adanya masalah organik. Artinya, memang ada masalah di organ pencernaan terutama lambung.

"Kasarnya ada luka nih, berdarah di lambung, muntah darah, nggak enak, dikerokin ya nggak akan membaik," jelas dr Hario.

Sebenarnya, apa itu masuk angin?

Menurut dr Hario, perut begah dan kembung seperti yang dirasakan saat masuk angin merupakan gejala dispepsia tipe dismotilitas. Tipe ini berbeda dengan dispepsia tipe ulcer, yang memang disertai ulserasi atau luka di lambung.

"Jadi kalau kembung terus, kentut-kentut terus, sendawa terus, itu (dispepsia) tipe dismotilitas," kata dr Hario.

"Kalau turun ke bawah lagi, bukan di lambung tapi di usus, namanya IBS (Iritable Bowel Syndrome)," lanjutnya.

Nah yang terpenting jika mengalami perut begah dan kembung adalah memastikan ada tidaknya luka atau masalah di organ. Boleh-boleh saja mengobati sendiri jika keluhannya cuma akut, misalnya 1-2 hari lalu membaik setelah diobati.

"Kalau sudah berbulan-bulan nggak sembuh-sembuh, bolak-balik nggak membaik, ilang timbul, ada baiknya lakukan pemeriksaan, pastikan ada masalah organ atau tidak," saran dr Hario.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Badan Jadi Enakan Usai Kerokan? Dokter Ungkap Penjelasan Medisnya"