Hagia Sophia

23 February 2023

Bayi dengan Berat 37 Kg Ini Besok Akan Diperiksa Dokter Gizi

Viral bayi di Bekasi bernama Muhammad Kenzie Alfaro memiliki BB 27 kg di usia 16 bulan. Foto: Pradita Utama

Viral bayi di Bekasi memiliki bobot tubuh 27 kilogram di usianya yang masih 1 tahun 4 bulan. Bayi tersebut kini menjadi sorotan pihak, mengingat bobot tersebut seharusnya dimiliki oleh anak berusia 10 hingga 11 tahun.

Bayi tersebut adalah Muhammad Kenzie Alfaro, bertempat tinggal di kawasan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. Sang ibu, Pitriah, mengisahkan Kenzi memang sering diberi creamer atau susu kental manis. Sejak Kenzie lahir, Pitriah tidak pernah memberikan ASI lantaran dirinya mengidap batu empedu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi, dr Alamsyah, menyebut, kini Kenzie menjalani pemeriksaan dan penanganan primer di Posyandu dan Puskesmas. Keluarganya juga akan diberi edukasi terkait pola asuh makanan. Walaupun hingga kini, belum ada kepastian informasi perihal penyebab di balik kondisi obesitas Kenzie.

"Tadi (Kenzie) konsultasi ke dokter spesialis anak, kemudian mendapatkan rujukan ke subspesialis gizi anak dan metabolik mendapatkan jadwal hari Jumat besok pagi di Rumah Sakit Hermina Kota Bekasi," ungkap dr Alamsyah pada detikcom di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (22/2/2023).

dr Alamsyah menduga, ada banyak faktor di balik kondisi Kenzie. Pasalnya jika hanya dilihat dari asupan makanan, Kenzie kini masih berusia satu tahun sehingga belum bisa makan normal layaknya orang dewasa. Menurut dr Alamsyah, harus ada pemeriksaan lebih lanjut misalnya terkait kondisi hormon.

"Penyebabnya belum tahu secara pasti kita tunggu hasil pemeriksaan ahli," pungkas dr Alamsyah.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bayi Obesitas 27 Kg di Bekasi Bakal Diperiksa Dokter Gizi Besok"